ALALAK UTARA Wakili Kalsel dalam Lomba Desa dan Kelurahan

SuarIndonesia – Kelurahan Alalak Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, akhirnya mewakili Provinsi Kalsel dalam kegiatan penilaian pemaparan Lomba Desa dan Kelurahan tingkat regional 3 tahun 2022, di Ditjen Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

Kelurahan Alalak Utara terpilih mewakil Pemprov Kalsel setelah dinyatakan pemenang pertama dalam lomba kelurahan tingkat Provinsi Kalsel, di Bulan Agustus lalu. Penyerahaan penghargaan atas prestasi kelurahan tersebut dilakukan langsung oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor kepada Lurah Alalak Utara, Eddy Nawahyuni, bertepatan dengan peringatan hari jadi Pemprov Kalsel ke 72.

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina yang ikut langsung mengantar Lurah Alalak Utara, Eddy Nawahyuni, di lomba Desa dan Kelurahan tingkat regional 3 tahun 2022, di Kementerian Dalam Negeri menyatakan, keikutsertaan Kelurahan Alalak Utara dalam lomba tersebut harus menjadi teladan bagi kelurahan lain.

Terlebih, lanjut orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini, di Kota Banjarmasin jumlah kelurahannya mencapai 52 unit. “Juara harus menjadi teladan bagi kelurahan lain,” ujarnya, Kamis (08/09/2022).

Dengan diselenggarakannya lomba seperti ini, lanjutnya, selain memberikan semangat juga memberikan kesempatan kepada daerah lain untuk belajar sekaligus praktek di Kelurahan Alalak Utara.

ALALAK UTARA Wakili Kalsel dalam Lomba Desa dan Kelurahan (2)

Sebab, bebernya lagi, wilayah Kelurahan Alalak Utara dikelilingi oleh Sungai, sehingga terdapat cukup banyak potensi yang bisa untuk dicontoh, baik dari sisi pariwisata maupun dari sisi ekonomi kreatifnya.

“Ibu-ibu yang selama ini menjadi salah satu pilar keberhasilan produk sasirangan di Kota Banjarmasin, kampung sasirangan itu ada dikelurahan lain, tetapi para pekerjanya, mayoritas ibu-ibu yang memiliki kreatifitas berada di Kelurahan Alalak Utara, sehingga kemudian mereka menjadi salah satu lingkaran bagi keberlanjutan produk sasirangan Kota Banjarmasin,” jelasnya.

Dan keberhasilan yang telah diraih oleh Kelurahan Alalak Utara hingga bisa berkompetisi dalam penilaian tingkat nasional, katanya lagi, tidak lepas dari pembinaan pemerintah kota pemerintah provinsi melalui SKPD terkait.

Untuk diketahui, Kegiatan Penilaian Pemaparan Lomba Desa dan Kelurahan tingkat regional tahun 2022, dibuka langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr Yusharto Huntoyungo, M.Pd.

Baca Juga:

Sungai Jingah Wakili Banjarmasin Lomba Kelurahan

Kegiatan tersebut diselenggarakan dari tanggal 5 hingga 12 September 2022, di Ruang Rapat Nawasena, Gedung C lantai II, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri, Jakarta.

Tahapan Lomba Desa dan Kelurahan tingkat regional ini meliputi, penilaian administrasi dilaksanakan pada tanggal 15 sampai 22 Agustus 2022, kemudian pemaparan calon juara sekaligus klarifikasi lapangan dan penetapan juara dilaksanakan pada Bulan September 2022.

Jumlah desa yang masuk dalam tahap pemaparan sekira 20 desa, dan 19 kelurahan.

Dari kegiatan pelaksanaan pemaparan ini akan menjaring 3 Desa dan 3 Kelurahan di setiap regional, untuk selanjutnya dilakukan klarifikasi lapangan sebagai juara lomba. (SU)

 163 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.