Sungai Jingah Wakili Banjarmasin Lomba Kelurahan

Sungai Jingah Wakili Banjarmasin Lomba Kelurahan

Suarindonesia – Ketua Tim Penilai Lomba Kelurahan dari Provinsi Kalsel Kepala Dinas PMD Drs H Zulkifli Husaini menilai bahwa inovasi dan terobosan Kelurahan Sungai Jingah cukup banyak dan sangat membanggakan. Bahkan wajar kalau kelurahan yang dikenal sebagai kampung Sasirangan di Kecamatan Banjarmasin Utara menjadi duta Banjarmasin dalam maju lomba kelurahan ke tingkat Provinsi Kalsel tahun 2019.

“Apalagi kelurahan yang terletak di kawasan Jalan Jahri Saleh, Banjarmasin Utara dinilai memiliki kelebihan tersendiri dibanding kelurahan lain, seperti kebersamaan dan gotong royong, mempunyai program unggulan dan inovasi yaitu di bidang pariwisata, peningkatan ekonomi dan pelestarian budaya banjar, kampung sasirangan, mawarung baimbai, susur sungai dan agrowisata,” ucapnya saat memberikan sambutan pada acara Lomba Kelurahan.

“Mudah-mudahan, tim penilai dapat melihat kebaikan dan kelebihan Kelurahan Sungai Jingah ini, sehingga dapat dikategorikan sebagai kelurahan terbaik tingkat Provinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2019 ini,” ujar Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, di saat menyambut Tim Penilai Lomba Kelurahan dari Provinsi Kalsel, di Sungai Jingah Banjarmasin, Rabu (08/05/2019).

Indikator penilaian perlombaan kelurahan di Kota Banjarmasin terdiri atas, aspek pemerintahan meliputi sarana prasarana, kinerja, inisiatif dan kreativitas, e-government, adat dan budaya.

Kemudian aspek kewilayahan, identitas, batas wilayah, inovasi, tanggap dan siaga bencana, pengaturan investasi. Dan aspek kemasyarakatan terdiri atas partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, PKK, keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakat.

“Hasil dari penilaian itu Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara menjadi juara pertama di tingkat Kota Banjarmasin pada tahun 2019, sehingga menjadi wakil dari Kota Banjarmasin untuk ikut lomba kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan,” jelasnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah itu, H Ibnu Sina juga menyerahkan buku tentang kelurahan kepada ketua tim penilai, dan menyerahkan akte kelahiran, kartu keluarga, dan kartu identitas anak kepada masyarakat setempat yang baru melahirkan.(SU)

 420 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: