TERDAMPAK GEMPA di Sulbar, Gedung Bertingkat di Banjarmasin

TERDAMPAK GEMPA di Sulbar, Gedung Bertingkat di Banjarmasin

SuarIndonesia – Gempa bumi dengan Magnitudo 5.8, terjadi di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) pada Rabu, (08/06/2022) sekitar pukul 12.32 Wib. Dari informasi dihimpun dari BMKG gempa terjadi dikedalaman 10 km, dengan Koordinat 2.74 LS-118.54 BT (43 km Barat Daya Mamuju-Sulbar), dan tidak berpotensi tsunami.

Gempa tersebut juga berdampak di Banjarmasin, diduga turut dirasakan di gedung-gedung bertingkat di Kota Banjarmasin. Salah satunya di gedung BNI Cabang Banjarmasin, Jl. Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Terlihat para karyawan dan para nasabah keluar menyelamatkan diri ke titik kumpul, setelah merasakan getaran dari gedung berlantai 6 tersebut.

“Getarannya kencang tadi,” ungkap Atta, salah satu karyawan BNI Bajarmasin, Rabu, (08/06/2022).

Saat itu kata dia, kondisi sedang ramai kegiatan di dalam Bank, setelah istirahat makan siang.

TERDAMPAK GEMPA di Sulbar, Gedung Bertingkat di Banjarmasin-2
Suasana di depan Kantor BNI saat terjadi Gempa

Sementara itu, Kartika, Karyawan BNI yang lain menuturkan, saat itu sekitar pukul 13.30 WITA ia yang berada dilantai 4 gedung dan merasa bergetar.

“Ternyata banyak yang ngerasa, muter gitu, makanya pada turun,” ujarnya.

“Yang turun juga bayak dari lantai 6 an 5. Pas turun pun masih kerasa muter gitu. Jadi,”lanjutnya, baru sekali dirasakan, namun ia mengetahui ada gempa di Sulawesi saat mengecek di internet.

“Makanya diimbau tadi semua harus keluar dan berkumpul di titik kumpul,” pungkasnya.

Terpisah, Koordinator Lapangan BPBD Kota Banjarmasin, Hanafi menuturkan, usai kejadan itu, pihak BPBD Banjarmasin pun langsung melakukan pengecekan usai adanya insiden itu.

TERDAMPAK GEMPA di Sulbar, Gedung Bertingkat di Banjarmasin-3

“Dan Alhamdulillah tidak ada retakanlah di gedung. Jadi karyawan bisa kembali lagi ke pekerjaannya masing-masing,” ungkapnya.

Ia juga turut memastikan bahwa manajemen evakuasi dan penyelamatan di gedung sudah bagus. “Mulai dari evakuasi lewat tangga dan ke titik kumpul sudah bagus,” urainya.

Ia tidak mengetahui pasti penyebab adanya getaran di gedung itu. Namun ia menduga karena dampak dari gempa yang terjad di Mamuju.

“Kemungkinan bias gempa yang terjadi di sana, dan yang merasakan itu dari gedung lantai 4 hingga lantai 6,” imbuhnya.

Dari laporan, tidak hanya gedung BNI Cabang Banjarmasin yang ikut merasakan getaran, tapi juga gedung Wilayah Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin. (SU)

 77 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!