Sidak Pemko-BPOM Temukan Produk Izin Edar Habis

Sidak Pemko-BPOM Temukan Produk Izin Edar Habis

Suarindonesia – Upaya monitoring harga sembako dan tanggal kedaluarsa produk, yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin akhirnya menemukan produk izin masa edarnya sudah habis di salah satu pasar modern di Banjarmasin. Kamis (23/5) siang.

Sidak yang digelar dalam rangka jelang lebaran di dua pasar modern yang berada di Duta Mall Banjarmasin, Pemko juga mengajak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang langsung dipimpin Walikota H Ibnu Sina didampingi Asisten II Drs H Doyo Pudjadi, Kabag Humpro Banjarmasin Drs H Yusna Irwan.

Sedangkan masalah produk minyak goreng sebanyak 850 pcs yang izin edarnya sudah habis. Staf Bidang Pemeriksaan BPOM, Rini Sahrida Lestari mengatakan, hanya bemasalah pada masalah administrasi.

“Produk itu akan ditarik dan akan diserahkan kembali ke distributor. Hanya harus minta izin edar baru saja agar bisa dipasarkan kembali,” ujarnya.

“Produk tersebut masih dalam kategori aman untuk dikonsumsi, karena tidak berpengaruh dengan masa kedaluarsanya,” lanjutnya.

Rini menerangkan, selama Ramadhan BPOM rutin untuk mengadakan sidak dalam mengawasi pangan atau produk yang dijual di pasaran.

“Tidak hanya pada Ramadhan saja, sesudah Ramadhan kami juga akan tetap akan gelar sidak,” tuturnya.

Terkait temuan itu, Wali Kota Banjarmaisn, H Ibnu Sina menjelaskan, produk yang dijual di dua pasar modern tersebut masih sangat bagus. tidak ada temuan barang yang sudah kedaluarsa.

“Untuk masa izin edar yang sudah habis sudah kami tarik, untuk ditindak lanjuti. Tetapi untuk keseluruhan semua produk aman, tidak ada yang kedaluarsa.” terang Ibnu.

Ibnu memastikan, harga sembako yang dijual pasar modern tersebut masih dalam kategori aman, sesuai dengan standar. Untuk parcel yang dijual juga dalam keadaan aman.

“Kebanyakan ditemui parcel-parcel yang dijual masa kedaluarsanya hampir habis. Yang kita pantau tadi semua masih aman, kedaluarsanya masih aman, masih di atas satu tahun,” pungkasnya.(SU)

 280 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: