SELESAI DIASPAL Ruas Sepanjang 15 Kilometer pada Jalan Bebas Hambatan

SuarIndonesia – Pada tahun ini, anggaran kurang lebih Rp50 miliar dikucurkan dari APBD murni dan perubahan Pemprov Kalsel untuk melanjutkan pembangunan Jalan Bebas Hambatan Banjarbaru – Batulicin.

“Tahun ini penanganan jalan di sana sebanyam 9 paket, 2 paket APBD murni dan sisanya anggaran perubahan,” jelas Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel, M. Yasin Toyib, Selasa (29/11/2022).

Menurut Yasin, penanganan tahun ini tidak ada jembatan, namun hanya penanganan jalan. Jika ditotal, penanganan jalan tahun ini mencapai 15 kilometer.

“Pekerjaan masih banyak, insyaallah tahun depan dilanjutkan lagi,” kata Yasin.

Salah satu ruas jalan bebas hambatan yang ditangani adalah akses penghubung dua desa di Kabupaten Banjar, yakni Desa Awang Bangkal di Kecamatan Karang Intan dan Desa Sumber Baru di Kecamatan Sungai Pinang.

Pengerjaan proyek jalan itu, telah berjalan sejak 8 April 2022 dengan menggunakan TA. 2022.

“Diharapkan pembangunan jalan tersebut dapat memperlancar arus lalu lintas, sebagai jalur mobilisasi manusia, barang dan jasa serta dengan terpenuhinya kebutuhan jalan yang berkualitas dapat menunjang perekonomian masyarakat,” kata Kadis PUPR Kalsel, Ahmad Solhan.

Jalan lingkar Awang Bangkal sendiri, lebih jauh  merupakan rencana Jalan Bebas Hambatan (JBH) antara Awang Bangkal menuju Kecamatan Mantewe, hingga Kota Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu.

“Jalan bebas hambatan antara Awang Bangkal – Mantewe tersebut sepanjang 160 kilometer, akan tetapi apabila dihitung dari Bundaran Simpang Empat Banjarbaru, menuju Mantewe,  sepanjang 180 Kilometer,” terangnya.(RW)

 381 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!