RENUNGAN Isra Mi’raj dan Nafarin Berharap Semua Intropeksi untuk Pelayanan Lebih Baik

RENUNGAN Isra Mi’raj dan Nafarin Berharap Semua Intropeksi untuk Pelayanan Lebih Baik

SuarIndonesia – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalsel, menggelar peringatan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW, Selasa (17/3/2-2-), di musholla dinas tersebut.

Mengawali Isra Mi’raj, Kepala DPMPTSP Kalsel, Ir. Nafarin, berharap dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Melalui kegiatan ini juga sekaligus untuk introspeksi diri agar menjadi lebih baik, khususnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan ceramah agama  Guru Muhammad, dari Pondok Pesantren Darussalam Martapura. Guru Muhammad menerangkan Isra Mi’raj satu dari mukjizat Nabi Muhammad SAW.

Isra adalah diperjalankannya Nabi Muhammad oleh Allah di malam hari, dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa.

Sedangkan Mi’raj adalah dinaikkannya Nabi Muhammad dari Masjidil Aqsa menuju ke langit ketujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha (suatu tempat ghaib yang tidak mungkin ditangkap oleh pancaindra).

Isra mi’raj diperingati setiap tanggal 27 Rajab. Menurut Guru Muhammad, Allah mengajarkan kepada manusia bahwa Dia Maha Kuasa dan Maha memiliki satu waktu bernama tahun yang terdiri dari 12 bulan.

Di antara 12 bulan tersebut terdapat bulan-bulan istimewa menurut Allah. Bulan istimewa tersebut berjumlah empat dan nama-namanya telah dijelaskan di dalam sabda Nabi yang artinya, “Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan.

 

Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqodah, Dzulhijjah, dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Syakban.”

Ujar Guru Muhammad dikutip dari (HR. Bukhari No. 3197 dan Muslim No. 1679). Guru Muhammad juga mengajak agar menambah ibadah pada bulan-bulan istimewa karena ibadah yang dilaksanakan pada bulan-bulan tersebut mendapatkan pahala yang berlipat ganda.(RW/ADV)

 416 total views,  2 views today

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: