RAPID TEST Reaktif, 3 PPK dan 18 PPS Banjarmasin Dibebastugaskan

RAPID TEST Reaktif, 3 PPK dan 18 PPS Banjarmasin Dibebastugaskan

SuarIndonesia – Sebanyak 18 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan 3 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setelah mengikuti rapid test yang dilakukan KPU Kota Banjarmasin pada akhir pekan lalu.

Alhasil, mereka akhirnya dibebastugaskan untuk melakukan verifikasi faktual untuk pasangan bakal calon perseorangan yang diselenggarakan KPU sejak kemarin, (29/06/2020). Mengingat,  Mereka harus menjalani karantina.

Muhammad Syafruddin Akbar, Komisioner KPU Kota Banjarmasin menjelaskan, para petugas khususnya PPS yang dinyatakan reaktif tersebut didominasi dari Kecamatan Banjarmasin Barat dan Selatan.

“Anggota PPS yang hasilnya reaktif terbagi di wilayah Banjarmasin Tengah dan Selatan. Sementara PPK tak bisa kami sebutkan,” ujarnya.

Nah kemudian, agar tak menghambat proses verifikasi faktual, untuk tugas yang dibebastugaskan tadi bakal digantikan oleh rekannya, atau bisa juga menunjuk penduduk setempat yang kenal dengan daerah tersebut.

Yakni satu kelurahan ada tiga petugas. Misalnya ada yang reaktif maka akan dikerjakan rekannya yang lain. Atau meminta bantuan warga setempat yang dibayar secara proporsional.

“Bagi mereka yang dinyatakan reaktif kami bebas tugaskan. Kemudian didata langsung oleh Dinas Kesehatan untuk menjalani karantina selama 14 hari,” tutupnya.

Sebelumnya, ada sebanyak 156 anggota PPS dan 25 anggota PPK yang menjalani pemeriksaan di Kantor KPU Banjarmasin Jalan Perdagangan yang dilaksanakan pada 27- 28 Juni lalu.

Rapid test ini merupakan salah satu instruksi dari KPU RI sebagai upaya pencegahan penularan CoVID-19 atau virus corona. Mengingat para petugas ini bakal berhubungan langsung dengan masyarakat.(SU)

 469 total views,  1 views today

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: