PROGRAM RABU SERU Tinjau UMKM, Walikota Ibnu Ingin Fasum Jadi Wisata Daur Ulang

PROGRAM RABU SERU Tinjau UMKM, Walikota Ibnu Ingin Fasum Jadi Wisata Daur Ulang

SuarIndonesiaWalikota Banjarmasin, H Ibnu Sina didampingi Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah melaksanakan program Rabu Seru yang rutin dilaksanakan untuk memasarkan sekaligus silaturrahim kepada UMKM di Kota Banjarmasin.

Kali ini mengunjungi Aulia Sasirangan Banjarmasin (ASB), yakni pengrajin sasirangan yang memberdayakan masyarakat sekitar komplek untuk produksinya, bertempat di Jalan Cengkeh 2, Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Rabu (8/09/2021).

H Ibnu Sina mengapresiasi karya sasirangan yang diproduksi oleh Aulia Sasirangan yang merupakan UMKM berkualitas ditambah lagi dengan melibatkan warga di sekitar dalam produksinya, tentunya hal ini sangat membantu perekonomian warga sekitar pada masa PPKM.

“Bahkan Aulia Sasirangan ini memberdayakan Ibu -ibu sekitar untuk membuat kain sasirangan dari melukis, menjerujut, pewarnaan sampai membuka benang semua hal itu ibu-ibu yang mengerjakan dan dibayar, sehingga tidak menyurutkan kreativitas ibu-ibu di masa pandemi,” ucap H. Ibnu Sina.

 

 

PROGRAM RABU SERU Tinjau UMKM, Walikota Ibnu Ingin Fasum Jadi Wisata Daur Ulang (2)

 

 

Ia menjelaskan terkait limbah dari pembuangan sasirangan tersebut pihak dari Aulia Sasirangan Banjarmasin telah mempersiapkannya yakni dengan melibatkan para Unit Reaksi Cepat (URC) untuk selalu tanggap dalam membersihkan limbah agar lingkungan tersebut tidak tercemar.

“Karena ini kawan – kawan dari Unit Reaksi Cepat (URC) biasanya mereka selalu membersihkan kawasan ini termasuk nanti rencananya kawasan ini ada fasum yang bisa dimanfaatkan untuk wisata daur ulang kerjasama dengan Bank Sampah Induk Kota Banjarmasin,” beber H Ibnu Sina.

Di sisi lain, H Ibnu Sina mengungkapkan banyaknya UMKM Pengrajin Kain Sasirangan di Kota Banjarmasin, nantinya akan diajak dalam Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF).

“Insya Allah inikan binaan Dekranasda Kota Banjarmasin, yang sudah ikut pelatihan, pemberdayaan, permodalan dan Wirausaha baru Kota Banjarmasin jadi sebagiannya yang bagus-bagus kita tampilkan juga di Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke 5,” ungkap H Ibnu Sina.

Adapun rencana digelarnya Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF), yakni pada awal bulan Oktober mendatang dalam rangka hari jadi Kota Banjarmasin, tentunya dengan melihat grafik Covid-19 di Kota Banjarmasin dan dilaksanakan di tempat yang prokesnya sangat ketat sehingga tidak menimbulkan cluster baru.

“Insya Allah tahun ini dilaksanakan dalam rangka Hari Jadi Kota Banjarmasin, itu di awal bulan Oktober yang akan datang,” pungkasnya.(SU)

 141 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: