PROGRAM Bauntung 21.21 Baru Himpun Pendapatan Rp 6,9 M

Bagikan :
PROGRAM Bauntung 21.21 Baru Himpun Pendapatan Rp 6,9 M

SuarIndonesia – Program relaksasi pajak kendaraan bermotor (PKB) Bauntung 21.21 belum terlalu dimanpaatkan masyarakat. Animo masyarakat membayar pajak disebut masih adem ayem. Pendapatan yang dihasilkan baru Rp 6,988 miliar.

Kepala Bidang Pengelolaan Pendapatan Daerah Bakeuda Kalsel, H. Rustamaji, mengakui hingga akhir Oktober tadi animo masyarakat membayar pajak masing belum maksimal. Pihaknya menargetkan Rp 10 miliar pada bulan pertama program Bauntung 21.21 ini.

Bakeuda mempunyai PR mengejar target kurang lebih Rp48 miliar selama 2 bulan program tersebut berjalan.

Target tersebut diakumulasi dengan capai program sebelumnya yang mencapai Rp52 miliar.

“Animo masyarakat masih dingin. Kebiasanya masyarakat kita memanfaatkan kebijakan mendekati akhir program. Hal ini juga berkaca pada pelaksanaan sebelumnya. Di hari-hari terakhir membludak,” katanya, Selasa (9/11/2021).

Ia mengakui sosialisasi yang dilaksanakan sudah sangat masif. Pemberitahuan melalui running teks sudah di salah satu stasiun televisi sudah dijalankan.

 

Selain itu, lanjutnya, masing-masing UPPD juga sudah berkreasi untuk melaksanakan sosialisasi. “Animo saat ini masih adem ayem, tapi kami tetap optimis di akhir program bisa mencapai target,” pungkasnya.

Dari 14 unit pendapatan pajak daerah (UPPD), Samsar Banjarbaru, untuk sementara memimpin pendapatan sebesar Rp2,397 miliar.

Pendapatan Samsat Banjarbaru paling besar dari pokok PKB terdaftar hitam sebesar Rp 2,220 miliar, sedangkan pokok PKB terdaftar merah hanya Rp 5,2 juta. Dari pokok PKB bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) pendapatan yang dibukukan Samsat Banjarbaru Rp 171,571 juta.

Berada di urutan buncut Samsat Paringin menjadi satuan kerja paling kecil mendapatkan pemasukan.

Data sementara Samsat Paringin hanya mendapatkan Rp 72,7 juta. Samsat ini mendapatkan pemasukan hanya dari pokok PKB terdaftar hitam dan merah masing-masing Rp 58,1 juta dan Rp 14,6 juta.(RW)

 176 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!