PERLU Diselesaikan Penataan Air Minum dan Lingkungan di Kalsel

Bagikan :
PERLU Diselesaikan Penataan Air Minum dan Lingkungan di Kalsel

SuarIndonesia – Pemerintah harus memutar otak guna mencapai target AMPL (air minum dan penyehatan lingkungan), sebab anggaran direcofusing untuk penanganan pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Cipta Karya (CK) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel, Agung Dewanto, mengaku saat ini masih mempunyai PR penataan air minum dan lingkungan yang harus diselesaikan.

Sampai tahun 2020 capaian air mium 77,37 persen, capaian air limbah domestik layak 84,45 persen, capaian tata kelola sampah 80,18 persen, dan berdasar data tahun 2019 capaian rumah layak huni 34,6 persen.

Bappenas menargetkan untuk Kalsel tahun 2024 mencapai 100 persen akses air minum layak, 87 persen akses air limbah domestik dengan 6 persen di antaramya akses aman, 83 persen tata kelola sampah, dan 60,91 persen target rumah layak huni.

“Sisa yang ada ini mau diselesaikan dengan pola non APBN dan ABD, karena kondisi keuangan negara seperti ini. Kita harus punya inovasi di luar pembiayaan negara,” jelas Agung, Rabu (24/11/2021) di sela Lokakarya AMPL di salah satu hotel di Banjarbaru.

Dikatakan Agung, untuk menggenjot capaian target tersebut pihaknya berusaha menggandeng pihak private seperti perusahaan.

Ia menambahkan, sektor private sebenarnya sudah mempunyai kontribusi melalui CSR untuk penguatan air minum dan lingkungan.

Sementara itu, Zuraida Murdia Hamdie, Corporate Social Rensponsibility Program Manager PT. Adaro Energy, menambahkan pihaknya sangat siap mendukung program pemerintah terkait penataan lingkungan tersebut.

Zuraida menjelaskan, pihaknya mempunyai program kesehatan salah satunya air bersih dan sanitasi. Program ini menurutnya sudah berhasil dilaksanakan di Kabupaten Tabalong.

“Tahun depan melalui anak perusahaan akan berkontribusi di sektor sanitasi di beberapa kabupaten.

Sejak awal PT. Adaro sudah punya target di wilayah operasional ring satu sebisa mungkin dapat menyediakan air bersih,” ucapnya.(RW)

 63 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!