PENONTON TERPESONA Saksikan Fashion Show Sasirangan di Kota Tempoe Doloe

SuarIndonesia -Penonton terpesona saksikan Fashion Show Sasirangan di Kota Tempoe Doloe, Minggu malam (18/9/2022).

Kawasan Angkringan di Kota Tempoe Doloe atau Kota Lama di Banjarmasin, tambah semarak ketika Dekranasda gelar Banjarmasin Sasirangan Festival 2022.

Sebelumnya juga Dekranasda Banjarmasin sukses menggelar Dekrashow di Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru.

Dekrashow adalah kegiatan inovasi Dekranasda Kota Banjarmasin, sebagai ajang promosi, unjuk karya inovasi para desainer dan pengrajin

Dan kali ini, giliran fashion show bertema kain sasirangan.

Sejumlah model sasirangan dari Dekranasda Kota Banjarmasin tampil di hadapan para penonton.

Kegiatan digagas Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah juga dihadiri, Walikota, Ibnu Sina, Wakil Wali Kota Banjarmasin H Arifin Noor.

Selain itu mantan Wali Kota Banjarbaru, H Darmawan Jaya Setiawan, tokoh usaha kreatif masyarakat di Kalsel serta tokoh usahawan lainnya.

“Diharapkan semakin meningkatkan produk usaha kreatif masyarakat, khususnya industri kain sasirangan yang merupakan, khas batik Kalsel,” ucap Hj Siti Wasilah.

Dikatakan, setidaknya akan ada empat agenda Dekrashow, dan di area Bandara Syamsudin Noor merupakan agenda kedua, setelah sebelumnya yang pertama digelar di showroom Dekranasda Kota Banjarmasin, di Rumah Anno 1925.

“Tantangan untuk para desainer saat ini adalah menciptakan karya indah, menarik dan simpel dari kain berbahan dasar sasirangan,” ujarnya.

Fashion Show menjadi gebrakan pertama di Kalsel, dan menjadi yang kedua di Indonesia, setelah Bandara Sultan Mahmud Badaruddin, Palembang.

Disebut ketika itu ada 26 desain karya dari 17 desainer yang terdiri dari 5 desainer APPMI yakni Fahmi Sasirangan, Catrine Ambarsari, Yani Mode Ungu, Aisyah Busana By Pipi, Ibnu Hasan.

Kemudian 12 desainer muda binaan Dekranasda Kota Banjarmasin yaitu Suraida Mahda Yanti, Karina Amalia Putri, Naufal Lisna Reisya, Rabiatul Adawiyah, Laila Rahmida, Fauziyah Rohmah Wati, Helda Ardany, Mutiah, Murjani, Sandi Agustinurina Rahmawati, dan Muslim Sugianto. (ZI)

 6,738 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.