May Day, Tingkatkan Produktivitas dan Kesejahteraan Pekerja

May Day, Tingkatkan Produktivitas dan Kesejahteraan Pekerja

Suarindonesia – Ratusan buruh dari berbagai lini hadiri acara peringatan Hari Buruh Nasional (May Day) yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin yang digelar di Halaman Balai Kota Banjarmasin, Rabu (01/05/2019) pagi hingga tengah hari.

Peringatan Hari Buruh Nasional tahun 2019 (May Day) yang mengangkat tema ‘Dengan Semangat May Day Kita Tingkatkan Produktivitas dan Kesejahteraan Pekerja’ tak hanya diwarnai berbagai paket untuk para buruh, tetapi dalam acara yang diawali senam rakyat juga dihibur dengan kesenian daerah madihin yang dibawakan seniman kondang H Syahrani.

Kegiatan May Day yang dihadiri Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina selama kegiatan berlangsung berjalan aman dan lancar, tidak seperti kebanyakan yang memperingati May Day dengan aksi demo. Kegiatan May Day ini lebih disambut dengan suka cita oleh 700 yang berhadir di Balai Kota.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina dalam sambutannya mengatakan, dalam May Day ini sebaiknya diperingati dengan suka cita, gembira bersama. “Lebih baik kita rayakan dengan diskusi bersama seperti ini,” ucapnya.

Mantan anggota DPRD Kalsel ini juga menjelaskan, tahun ini adalah peringatan Hari Buruh Nasional yang ke 99 kalinya. “Karena hari buruh nasional ini sejak tahun 1920 lalu,” katanya.

Terakhir Ibnu mengharapkan, hak para pekerja dan kewajiban seluruh buruh bisa terlaksana dengan baik.

“Sehubungan dikarenakan para pengusaha juga butuh pekerja, pekerja butuh pengusaha, jadi saling membutuhkan, sehingga ngak perlu pertentangan marilah saling mengisi dan memahami satu dengan yang lain,” ucap Ibnu.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Banjarmasin Drh H Priyo Eko Wusono mengatakan May Day tahun ini membagikan 700 paket sembako.”Kegiatan membagi sembako memang rutin tiap tahunnya, apalagi ini juga berdekatan dengan bulan suci Ramadhan,” ujarnya.

Siti Normawati, karyawan salah satu perusahaan swasta yang mengikuti kegiatan May Day sangat mengapresiasi cara pemko memperingati Hari Buruh Nasional dengan mengadakan kegiatan diskusi.”Daripada disikapi dengan demo, mending dirayakan dengan gembira seperti ini,” tuturnya.

Kegiatan May Day sendiri selain ada diskusi dan pembagian sembako juga ada undian doorprize untuk buruh yang berhadir dalam kegiatan tersebut. Pada akhir acara ternyata ada sejumlah buruh dari perusahaan swasta ikut bergabung dan menyatakan sikap kepada pemerintah dengan harapan bisa membela hak-hak buruh jika dalam kondisi tak mengenakkan.(SU)

 279 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: