LUTUNG ‘Batih’ Kehilangan Induknya Gegara Kesetrum

LUTUNG ‘Batih’ Kehilangan Induknya Gegara Kesetrum

SuarIndonesia – Nasib beruntung dialami oleh Batih, nama yang disematkan oleh petugas Animal Rescue Kota Banjarmasin, dan warga jalan Bawang Putih I, Kelurahan Sungai Andai, Kec. Banjarmasin Utara kepada seekor anak Lutung Kelabu.

Kemarin, Batih bersama induknya diketahui ingin menyeberangi ke wilayah hutan lainnya melalui kabel listrik dari habitatnya berada di wilayah tersebut. Namun nahas, saat melangkah tangan sang induk tak sengaja menyentuh kabel listrik yang terbuka, hingga akhirnya kesetrum.

Kemudian, dua hewan primata dilindungi itu pun jatuh hingga akhirnya sang induknya meninggal di tempat.

Beruntung, sang anak Lutung Kelabu yang diketahui masih berusia 1 bulan masih bisa selamat.

“Awalnya kami dapat laporan dari warga. Sampai di TKP, sayang induknya sudah meninggal dunia di tempat. Sedangkan anaknya masih selamat, meski sempat tertindih dan stres karena kehilangan induknya,” ucap Andi Putra, Koordinator Lapangan Animal Rescue BPBD Banjarmasin, saat dikonfirmasi awak media, Minggu (13/06/2021).

Ia mengatakan, setelah Batih diamankan, pihaknya langsung menghubungi dokter hewan untuk memeriksa kondisi kesehatannya. Hasilnya semua dinyatakan sehat, meskipun Batih sempat mengalami stres.

“Setelah kita bawa Batih semalaman teriak-teriak stres. Mungkin karena kehilangan induknya. Tapi dari fisik aman tidak ada luka atau tulang yang patah saat jatuh dan tertindih,” ujarnya.

Ia menilai, keluarnya hewan primata ini dari habitatnya diperkirakan akibat bahan makanan yang menipis. Sehingga hewan yang tergolong langka kategori Appendix 2 ini pun keluar untuk mencari makan.

“Di kawasan Sungai Andai memang masih terdapat habitat jenis hewan tersebut. Selanjutnya hewan ini kita serahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel untuk diselamatkan,” tutupnya. (SU)

 302 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: