LPSE Sosialiasikan SPSE Versi 4.3

LPSE Sosialiasikan SPSE Versi 4.3

Suarindonesia – Sosialisasi Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) di tahun 2019 ini kembali dilakukan LPSE Pemko Banjarmasin yang diikuti kalangan pengusaha hingga bagian terkait.

Kegiatan sosialisasi yang dibuka Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah itu, dilaksanakan di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, (12/02) siang.

Wawali H Hermansyah mengatakan kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari yakni dari tanggal 12 Februari hingga 13 Februari itu, dapat diikuti sampai selesai oleh seluruh SKPD lingkup Pemko Banjarmasin.

Selain itu, ia juga berpesan agar ilmu yang didapat dari kegiatan tersebut, dapat dipraktekan dalam pekerjaan sehari-hari, khususnya yang menyangkut masalah pengadaan barang dan jasa.

“Sasaran sosialisasi adalah agar SKPD dapat memahami dan melaksanakan perencanaan pengadaan, persiapan pengadaan, pemilihan penyedia, pelaksanaan kontrak, serah terima pekerjaan, pengelolaan penyedia, dan katalog elektronik melalui aplikasi SPSE versi 4.3,” ujarnya.

Dijelaskannya, sosialisasi aplikasi pengadaan barang dan jasa (SPSE) versi 4.3 atau versi terbaru ini, merupakan hasil penyesuaian dengan peraturan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang /Jasa Pemerintah.
Penggunaan aplikasi SPSE ini, lanjutnya, sesuai Pasal 71 Perpres Nomor 16 tahun 2018, yang mempunyai ruang lingkup mulai dari perencanaan pengadaan, persiapan pengadaan, pemilihan penyedia, pelaksanaan kontrak, serah terima pekerjaan, serah terima pekerjaan, pengelolaan penyedia, dan katalog elektronik.

“ Itu artinya SPSE versi terbaru ini memiliki Interkoneksi dengan sistem perencanaan, penganggaran, pembayaran, manajemen aset dan sistem Informasi lain yang terkait dengan SPSE,” katanya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan sosialisasi tersebut, seluruh pejabat pelaksana kegiatan bisa memahami aplikasi yang diajarkan tersebut. Karena pelaksanaan kegiatan pengadaan barang dan jasa yang akan dilaksanakan di tahun 2019 ini.

Sekda Kota Banjarmasin Drs H Hamli Kursani, berpesan, agar para pejabat pelaksana kegiatan dapat lebih teliti dalam melaksanakan tugas. Karena jangan sungkan-sungkan melakukan koordinasi dengan instasi terkait supaya menekan tingkat kesalahan dalam melaksanakan kegiatan.

“Kalau dalam disposisi tertulis untuk berkoordinasi dengan inspektorat, ulun harap hal itu dilakukan, jadi dalam melaksanakan kegiatan terutama kegiatan pengadaan barang tidak terjadi kesalahan,” katanya.

Sementara itu, dalam kegiatan Sosialisasi dan Workshof Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi 4.3, ketua panitia pelaksana kegiatan Ir H Zuraida menerangkan, tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut untuk memberikan dan meningkatkan pemahaman terkait informasi dan Aplikasi SPSE versi 4.3 yang tahun 2019 ini digunakan untuk pelaksanaan tender di Indonesia.

“Peserta kegiatan ini para kepala SKPD lingkup Kota Banjarmasin, selaku pejabat pembuat komitmen, satu orang pejabat dari eselon 3 dan pejabat pengadaan dan juga oleh pokja pemilihan Kota Banjarmasin. Dan acara diselenggarakan dua hari, dengan narasumber dari LKPP Dodi Wahyudi.” terangnya.(SU)

 171 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: