LEBIHI 150% dari Target, Investasi di Kalsel Tembus Rp15,6 T

LEBIHI 150% dari Target, Investasi di Kalsel Tembus Rp15,6 T

SuarIndonesia – Kebijakan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam mempermudah dan mempercepat investasi di Kalsel berbuah hasil menggembirakan. Betapa tidak, target investasi 2019 yang ditetapkan RPJM senilai Rp1,5 triliun, berhasil terealisasi Rp15,6 triliun atau 150 persen.

“Pimpinan daerah bersama stakeholders memberikan dukungan dan perhatian luar biasa, sehingga investasi yang masuk ke Kalsel berhasil mencapai 150% dari target yang telah ditentukan,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Provinsi Kalsel, Ir H Nafarin MP menjawab pertanyaan SuarIndonesia.com, Sabtu (21/3) di Banjarmasin.

Menurut Nafarin, capaian di tahun 2019 itu juga jauh meningkat dibanding 2018, yakni sebesar 34 persen.

Nafarin mengakui, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang akrab dipanggil Paman Birin mengarahkan dinasnya untuk memegang pentingnya reformasi kemudahan dan percepatan proses penyelesaian perizinan, penerapan integrasi SKPD pelayanan perizinan dengan SKPD penanaman modal, serta percepatan pelimpahan wewenang perizinan DPMPTSP.

Nafarin mengungkapkan, realisasi investasi tahun 2019 itu berasal dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp10,06 triliun dan Penanaman Modal Asing (PMA) Rp5,59 triliun.

Sedangkan sektor terbesar berasal daripada tanaman pangan, perkebunan dan peternakan Rp4,10 triliun, serta jasa lainnya Rp2,50 triliun.

Sementara negara terbesar berinvestasi di Kalsel adalah Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Australia, Mauritius, dan Singapura.

“Kita bersyukur dari investasi PMDN, Kalsel berada di urutan 10 secara nasional dan peringkat 17 untuk PMA,” ungkapnya.

Prestasi lainnya, DPMPTSP Kalsel juga berhasil meraih piagam penghargaan dari MenPANRB sebagai Role Model Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik tahun 2019.

“Alhamdulillah, DPMPTSP Kalsel meraih penghargaan Role Model Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik tahun 2019,” katanya lagi.

Menurut Nafarin, tahun 2020 ini Pemprov Kalsel target investasi Rp12 triliun. “Mudahan tercapai dan bisa melebihi target. Tentunya mohon dukungan dari pimpinan, stakeholder dan masyarakat Banua,” harapnya.

Paman Birin kutip Nafarin memberikan apresiasi atas capaian investasi yang masuk ke daerah. “Keberhasilan dan prestasi yang diraih ini, diharapkan semakin dapat mengokohkan komitmen Kalsel menjadi daerah tujuan investasi,” kata Nafarin mengutip lagi perkataan Paman Birin.

Yang pasti, lanjut Nafarin, Pemprov Kalsel bertekad ikut merealisasikan salah satu agenda strategis bangsa yaitu memperbaiki iklim investasi sebagaimana arahan Presiden Jokowi.(RA/ADV)

 365 total views,  1 views today

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: