Kodim dan BPK Gelar Sahur On The Road

Kodim dan BPK Gelar Sahur On The Road

Suarindonesia – Ratusan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) satu persatu berdatangan di depan pangkalan militer Koramil 1007-01 Banjarmasin Timur, Jalan Veteran.

Kali ini mereka datang bukan untuk memadamkan kebakaran. Tapi untuk mengikuti Sahur On The Road (SOTR) yang digagas oleh Kodim 1007/Banjarmasin beserta jajaran. dini hari (19/5).

Selama ini ketika BPK melakukan tugasnya untuk memadamkan kebakaran yang ada di Banjarmasin, tak lepas dari pandangan masyarakan bahwa mereka mengindahkan peraturan lalu lintas. Sehingga terciptanya pandangan beda dari masyarakat.
Bahkan untuk mengubah stigma negatif, maka dari itu terpikirlah untuk menggelar STOR dengan konvoi yang rapi dan mengikuti anjuran berlalu lintas.

Dari pukul 00.00 WITA, ratusan BPK mulai menyerbu pangkalan militer Koramil 1007-01 Banjarmasin Timur, Jalan Veteran.

Kegiatan itu dibuka Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, sekaligus dengan melepas ratusan peserta BPK dengan memukul beduk dan mengibarkan bendera start.

Sebelum melepas BPK untuk melakukan konvoi, Ibnu Sina mengucapkan, sangat mengapresiasi kegiatan SOTR yang digagas oleh Kodim 1007/Banjarmasin beserta jajaran ini.

Menurutnya, kegiatan yang bermanfaat, sangat besar bagi anggota BPK dan juga bagi warga yang ingin menjalani ibadah puasa Ramadan 1440 Hijriah. “Kita sering melihat BPK saat mengejar kebakaran, namun saat ini bisa dilihat mereka konvoi dengan rapi. Semoga dengan kegiatan SOTR ini bisa memberi contoh yang baik kepada warga, untuk menjaga keamanan dan ketertiban dan kedamaian di kota Banjarmasin selama bulan Ramadan,” ujar Ibnu.

Tradisi membangunkan orang untuk bersahur dengan metode begini, menurut Ibnu lebih menciptakan suasana yang lebih religius dibandingkan dengan mekanisme lainnya.

Oleh sebab itu, Ibnu mengharapkan dengan adanya kolaborasi antar elemen masyarakat dan cara tradisional seperti ini bisa terus menerus dilestarikan juga akan mempererat tali silaturahmi diantara mereka. Juga diharapkan bisa masuk dalam kalender event pariwisata religi Provinsi Kalimantan Selatan.

“Dengan kegiatan SOTR bisa menciptakan suasana silaturahmi, semoga saja untuk ke depannya akan bisa menjadi agenda event wisata tahunan sekaligus menjadi tradisi di level Provinsi Kalsel,” harapnya.

Dandim 1007/Banjarmasin, Letkol Inf Nofid Arif menyampaikan, dalam kegiatan ini bertujuan ingin menimbulkan wajah positif dari BPK se Kota Banjarmasin. Selama duduk sebagai Dandim, ia mengaku telah banyak mendengar keluhan masyarakat terkait tingkah laku petugas BPK.

“Kami ingin mengubah pola pikir masyarakat yang menanggapi BPK kurang baik menjadi sebaliknya. Jadi kami ingin mendorong sisi baiknya, semoga dengan menggelar konvoi dengan rapi dan mengikuti anjuran berlalu lintas, pandangan masyarakat terhadap BPK akan bisa menjadi hal yang berbeda,” terangnya.

Bahkan dalam Kegiatan pada malam itu berjalan aman dan lancar, meskipun memang ada sedikit beberapa inseden kecil seperti tabrakan ringan karena terkejut mobil di depan mengerem mendadak. Tapi hal itu tidak mengubah ramainya konvoi pada malam itu.(SU)

 429 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: