Kemendes Janji Tingkatkan Kapasitas Petani Jejangkit

Kemendes Janji Tingkatkan Kapasitas Petani Jejangkit
Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Muhammad Nurdin (Foto: Robby/suarindonesia)

Suarindonesia – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT-Trans) akan terus mengoptimalkan Sarana Prasarana pertanian di Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan.

Kemendes PDT-Trans melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi (Dirjen PKT-Trans), M Nurdin menyampaikan pernyataan tersebut di sela meletakan batu pertama pembangunan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) Rice Milling Unit (RMU) atau alat penggilingan padi di Kawasan Terpadu Mandiri Cahaya Baru Desa Jejangkit Kecamatan Jejangkit, Batola, Jumat (21/09/18).

“Akan terus lanjutkan tahun depan kita akan dukung lagi sarana prasarana. Kemarin kita baru rapat bersama Komisi V DPR RI terkait apa-apa yang dibutuhkan di sini,” ucapnya.

Menurut Nurdin, selain meningkatkan sarana dan prasarana serta revitalisasi, pihaknya juga akan meningkatkan kapasitas petani, lembaga-lembaga ekonomi, tokoh-tokoh desa dan lainnya. Menurutnya, upaya tersebut dilakukan dengan tujuan agar keberadaan petani di kawasan Kawasan Terpadu Mandiri (KTM) Cahaya Baru yang lahan pertaniannya dijadikan pengembangan pertanian lebak modern menjadi optimal.

Selain itu, Ia mempertimbangkan RMU yang berkapasitas 1,2 ton per jam tersebut sangat dibutuhkan. Mengingat hasil padi di tempat tersebut nantinya akan berlipat minimal dua kali karena panennya dua kali setahun. Ia memprediksi ihwal hasil produksi padi di Jejangkit akan terus meningkat melalui panen yang terus bertambah hingga tiga kali setahun.

Untuk mengantisipasi itu tentunya dibutuhkan alat yang berkapasitas yang sesuai. Dirjen PKT-Trans itu menjelaskan, dukungan sarpras dan peningkatan kapasitas sangat menentukan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Mengingat tanpa itu pembangunan yang dilaksanakan tidak akan maksimal.

Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS merasa bersyukur atas perhatian yang diberikan pihak Kemendes PDT Transmigrasi yang setiap tahunnya selalu ada.

Ia mengatakan bahwa khusus terhadap bantuan RMU, pembangunan jalan, bantuan peralatan TK dan PAUD Anak, pembangunan rumah jamur tiram, serta penyerahan bantuan sarana olahraga, mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu berharap masyarakat bisa memeliharanya agar keberadaannya bermanfaat dan bisa berlangsung lama (BY)

 179 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: