KARLI: Nilai Luhur Pancasila Harus Dipahami dan Diamalkan Setiap WNI

SuarIndonesia – Anggota DPRD Provinsi Kalsel Dr.H.Karlie Hanafi Kalianda, SH.MH mengatakan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam sila-sila dari Pancasila harus dipahami dan diamalkan oleh setiap warga negara Indonesia, sehingga memiliki dasar yang kuat dan bisa menentukan sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Karli Hanafi yang merupakan politisi senior Partai Golkar ini mengatakan hal itu dalam Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan dengan tema “Dengan Semangat Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia” yang dilaksanakan di Kecamatan Tabukan, Kabupaten Barito Kuala, Jumat (09/12/2022).

“Empat Pilar Kebangsaan adalah nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat, dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat,” ungkap Karli.

Dia juga menjelaskan bahwa konsep Empat Pilar Kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara terdiri dari Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.

KARLI Nilai Luhur Pancasila Harus Dipahami dan Diamalkan Setiap WNI (2)

Sedangkan sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan menurut Karlie bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada seluruh komponen bangsa serta seluruh lapisan masyarakat agar pelaksanaan dan penyelenggaraaan kehidupan berbangsa dan bernegara terus di jalankan, dengan tetap mengacu kepada tujuan negara yang dicitakan-citakan, serta bersatu padu mengisi pembangunan agar bangsa Indonesia lebih maju dan sejahtera.

Sementara Staf Ahli DPRD Provinsi Kalsel, H.Puar Junaidi, S.Sos, SH.MH selaku nara sumber pada kesempatan itu mengatakan bahwa Empat Pilar Kebangsaan tersebut tidak dimaksudkan memiliki kedudukan sederajat . “Setiap pilar memiliki tingkat, fungsi dan konteks yang berbeda,” ujarnya.

Puar yang pernah selama tiga periode duduk sebagai anggota DPRD Kalsel ini menjelaskan juga bahwa Empat Pilar Kebangsaan merupakan prasyarat minimal bagi bangsa Indonesia untuk berdiri kokoh dan meraih kemajuan berlandaskan karakter kepribadian bangsa Indonesia sendiri demi tercapainya kehdupan berbangsa dan bernegara yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.

Pada kesempatan itu Puar juga menjelas secara rinci makna yang terkandung dari sila-sila Pancasila beserta arti dari lambing lima sila tersebut.

Sementara Camat Tabukan, Abdi Maulana, S.STP menyambut gembira dilaksanakannya Sosialisas Wawasan Kebangsaan di wilayahnya yang diikuti tidak kurang dari 75 orang peserta, terdiri dari warga dan tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan, aparat kecamatan serta para kepala desa.

“Kegiatan sosialisasi ini sangat bermanfaat dalam rangka menumbuhkan pengertian serta menambah wawasan dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan Empat Pilar Kebangsaan yang kita miliki,” ujar Camat Tabukan.(SU)

 450 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!