KAPOLRI Perintahkan Anggotanya Tindak Pihak Libatkan Banyak Orang, Berikut Daftar Kegiatannya

KAPOLRI Perintahkan Anggotanya Tindak Pihak Libatkan Banyak Orang, Berikut Daftar Kegiatannya
Kapolri Jenderal Idham Azis menindak tegas jajarannya kepada pihak yang masih membuat keramaian di tengah pandemi corona (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)

SuarIndonesia – Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan maklumat berisi perintah kepada personelnya agar menindak tegas pihak yang membuat kegiatan dan melibatkan banyak orang. Maklumat diterbitkan guna menangkal penyebaran virus corona.

Diliris dari CNNIndonesia.com, ada beberapa jenis kegiatan yang akan ditindak tegas. Di antaranya, pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan dan kegiatan lain yang sejenis.

Tak hanya itu, tindakan tegas juga berlaku kepada pihak yang menyelenggarakan konser musik, pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran hingga resepsi keluarga.

Kegiatan olahraga dan kesenian pun termasuk dan kegiatan jasa hiburan. Diikuti unjuk rasa, pawai dan karnaval.

Tindakan tegas wajib dilakukan personel polisi jika merujuk pada maklumat Kapolri Idham Azis tersebut. Namun, ada pengecualian bagi kegiatan tertentu.

“Apabila dalam keadaan mendesak dan tidak dapat dihindari, kegiatan yang melibatkan banyak orang dilaksanakan dengan tetap menjaga jarak dan wajib mengikuti prosedur pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19,” tutur Idham dalam maklumat.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Argo Yuwono juga telah mengumumkan bahwa pihaknya bakal menjalankan Operasi Aman Nusa II 2020. Operasi tersebut berisi sejumlah langkah yang akan dilakukan Polri selama 30 hari ke depan.

Salah satunya adalah melakukan pemetaan wilayah rawan penyebaran disertai dengan patroli keamanan.

“Tindakan preventif, patroli wilayah rawan penyebaran,” tutur Argo pada Jumat lalu (20/3).

Nantinya, patroli juga akan disertai dengan pemberian imbauan kepada masyarakat mengenai virus corona. Misalnya dengan meminta masyarakat membatasi diri dari interaksi sosial serta keramaian.

“Dan giat keagamaan serta melakukan upaya hidup bersih,” kata Argo.

Polisi juga bakal menindak tegas bilamana ada yang menimbun bahan pangan serta kesehatan. Mereka yang menjarah juga akan ditindak sesuai peraturan yang berlaku.

Virus corona di Indonesia sendiri telah menginfeksi 450 orang per Sabtu (21/3). Ada 38 orang meninggal dunia dan 20 orang dinyatakan sembuh dari Covid-19. (RA)

 338 total views,  1 views today

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: