Ibnu: Bulan Ramadhan Bulan Pendidikan

Ibnu: Bulan Ramadhan Bulan Pendidikan

Suarindonesia – Memasuki hari kedelapan di Bulan Suci Ramadhan 1440 hiriah, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina kembali mengingatkan masyarakat kota seribu sungai bahwa bulan Suci Ramadhan merupakan bulan pendidikan.

Untuk itu, katanya, interaksi dengan cara membaca Al Qur’an, mempelajari kitab-kitab dan buku tentang agama sangatlah penting, dengan tujuan untuk membimbing umat muslim dalam meningkatkan kualitas ibadah dan puasa dari tahun ke tahun.

Menjalankan ibadah puasa itu, jelasnya, ada tiga kreteria tingkatannya.

Pertama, terangnya, puasa orang awam (orang kebanyakan), puasa ini menahan makan dan minum dan menjaga kemaluan dari godaan syahwat.

Kemudian puasanya orang khusus, puasa ini selain menahan makan dan minum serta syahwat, juga menahan pendengaran, pandangan, ucapan, gerakan tangan dan kaki dari segala macam bentuk dosa.

Dan ‎puasa hati dari kepentingan jangka pendek dan pikiran-pikiran duniawi serta menahan segala hal yang dapat memalingkan dirinya pada selain Allah SWT. “Kita berada di level mana, itu jawabannya ada di diri kita masing-masing,” ujarnya, saat menyampaikan ceramah agama usai salat tarawih di Masjid Ar Rahim, Kelurahan Sungai Miai, di Jalan Sultan Adam, Banjarmasin Utara, Minggu (12/05).

Hal lain yang disampaikannya dalam kegiatan tersebut tentang pentingnya untuk memperhatikan pemuda.

Menurutnya, di Bulan Ramadhan ini para pemuda muslim di kota ini harus diberikan fasilitas untuk menjalankan ibadah. “Kehadiran generasi muda dalam setiap aktifitas amal ibadah di bulan ini harus difasiltasi, jangan sampai generasi muda salat di luar masjid, sedangkan orangtua salat di dalam masjid,” katanya.

Allah SWT, lanjutnya, tidak akan merubah nasib suatu kaum, apabila kaum itu sendiri tidak merubahnya. “Nasib kaum itu terdiri dari pilar-pilar, pertama generasi muda, kedua perempuan, ketiga orang yang dituakan. Pemuda adalah pilar kebangkitan sebuah bangsa. Oleh karena itu, penting untuk kita memperhatikan program kegiatan di Bulan Ramadhan ini yang menyentuh pemuda,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, mantan anggota DPRD Kalsel ini juga mengajak seluruh umat muslim di kota ini, untuk lebih meningkatkan iman dan taqwanya kepada Allah SWT. “Mari sama-sama kita di Bulan Ramadhan ini meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Kalau kita sudah beriman dan bertaqwa, maka yakinlah dengan janji Allah SWT, kita akan diberikan berkah dan kebaikan-kebaikan,” pungkasnya.(SU)

 256 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: