DISERAHKAN SK Hutan Sosial kepada Ribuan KK

Bagikan :
DISERAHKAN SK Hutan Sosial kepada Ribuan KK
Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Dan Ekosistem (KSDAE),  Ir. Wiratno (tengah)

SuarIndonesia – Sebanyak 5.689 kepala keluarga di Kalsel menerima surat keputusan (SK) Hutan Sosial dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Luasan lahan yang diserahkan mencapai 15.529 hektare.

SK tersebut diserahkan secara virtual di Gedung Idham Chalid Setdaprov Kalsel, sedangkan pusat acara dilaksanakan di Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara, dengan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo menegaskan masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang telah diberikan pemerintah sesegera mungkin.

“Setelah Bapak, Ibu, dan saudara-saudara menerima SK ini, baik hutan sosial maupun TORA ataupun hutan adat, segera manfaatkan lahan yang ada. Jangan sudah diberikan kemudian tidak diapa-apakan,” tegasnya.

Usai penyerahan SK di Idham Chalid, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Dan Ekosistem (KSDAE),  Ir. Wiratno, mengatakan hutan sosial yang diserahkan Kementerian LHK berupa hutan kemasyarakatan, hutan desa dan kemitraan konservasi.

Dia mengungkapkan, hutan sosial yang diterima masyarakat dapat dimanfaatkan untuk menanam tanaman semusim. Seperti kedelai, jagung dan cabai. “Sehingga masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya,” ungkapnya.

Ia menuturkan, masyarakat wajib menanami 50 persen kawasan hutan sosial yang dikelolanya dengan pohon hutan. “Misal karet atau jenis pohon lainnya,” t=ujarnya lagi.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hj. Fatimatuzzahra, menyampaikan dengan diterimanya 29 SK kemarin, maka sudah ada 145 SK dengan luasan 77.641 hektare hutan sosial yang diterima Kalsel.

“Perhutanan sosial ini diberikan Kementerian LHK dalam jangka waktu 35 tahun,” ucapnya.

Dia menyatakan, operasional perhutanan sosial benar-benar menjadi tujuan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor selama ini.

Sebab berfungsi untuk meminimalisir kebakaran hutan dan perambahan hutan.

“Kita bersyukur kolaborasi Pemprov Kalsel dengan KLHK juga selama ini sangat baik dalam melakukan pendampingan pengelolaan hutan sosial,” katanya.(RW)

 330 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.