DIPANEN Jagung Varietas JH37 Berusia 105 Hari

SuarIndonesia – Jagung varietas JH37 berusia 105 hari dipanen oleh Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa (Balitra) kota Banjarbaru bersama Pemprov Kalsel, Kamis (30/6/2022).

Kepala Balitra Banjarbaru, Agus Hasbianto, mengatakan varietas jagung JH 37 mempunyai kelebihan dibanding varietas jagung lainnya. Varietas ini dapat panen lebih cepat dan tahan terhadap sejumlah penyakit hama, sehingga petani disarankan dapat menanam varietas jagung JH 37.

“Jagung yang dipanen kali ini berumur kurang lebih 105 hari, untuk menanamnya pun, sangat hemat dalam penggunaan pupuk, meski ditanam di atas lahan rawa,” kata Agus.

Ia menambahkan, jagung yang dipanen menggunakan pupuk kimia kurang 50 persen yang diharapkan ditiru petani, karena hemat pupuk di lahan lebak dengan hasil yang cukup tinggi.

Pihaknya berkomitmen mendukung pemerintah daerah, di antaranya memanfaatkan semua aset untuk pertanian.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kalsel, Syamsir Rahman, mengatakan hasil panen jagung JH 37 sudah bisa berkembang di wilayah Kalsel, dan hal tersebut cukup membanggakan untuk banua ini.

“Secara teknis sudah bagus sekali, karena pada saat tumbuh, tidak terkena serangan hama,” sahut Syamsir Rahman.

Ditambahkannya, tanaman jagung merupakan varietas unggulan nomor dua setelah beras dengan jumlah produksi 400 ribu ton per tahun. Jumlah tersebut sudah memenuhi kebutuhan Kalsel untuk dua pabrik produksi jagung. (RW)

 135 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!