DILUNCURKAN Aplikasi Si Bekantan untuk Cegah Korupsi Pengadaan

Bagikan :
DILUNCURKAN Aplikasi Si Bekantan untuk Cegah Korupsi Pengadaan

SuarIndonesia – Pemprov Kalsel meluncurkan Si Bekantan (Sistem Informasi Belanja Kantor Kalimantan Selatan), salah satu aplikasi untuk mencegah korupsi.

Si Bekantan adalah Aplikasi Bela (Belanja Langsung) Pengadaan untuk meningkatkan transparasi, akuntabilitas pengadaan barang dan jasa, memberdayakan UMKM, sekaligus mencegah korupsi melalui aplikasi.

Peluncuran tersebut dilaksanakan pada Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) 2021 di Gedung Idham Chalid, Banjarabaru, Selasa (16/11/2021).

Kasatgas Direktorat Wilayah III Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK, Uding Juharudin, mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemprov Kalsel untuk mencegah korupsi di sektor pengadaan barang jasa.
Menurutnya, di Indonesia data tindak pidana korupsi dari sisi pengadaan barang dan jasa masih di papan atas.

Dirinya juga mendorong Kabupaten Kota untuk mencontoh Pemprov Kalsel dalam hal tata kelola pengadaan barang dan jasa.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Syaiful Azhari, mengatakan saat ini sistem pengadaan barang jasa milik Pemprov Kalsel sudah jauh lebih baik karena didukung sistem elektronik sehingga lebih cepat, lebih transparan, dan akuntabel.

“Pengadaan barang jasa dibutuhkan untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan.

Hampir seluruh kegiatan pemerintah melibatkan pengadaan barang jasa. Upaya membangun infrastruktur, membangun pendidikan, membangun sektor kesehatan, meningkatkan pelayanan dan sektor-sektor lainnya semuanya akan bersentuhan dengan pengadaan barang dan jasa,” ujarnya.(RW)

 167 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

error: Content is protected !!