DIGAGALKAN Keberangkatan Lima Pekerja Migran Illegal Dijanjikan Bekerja di Uni Emirat Arab

DIGAGALKAN Keberangkatan Lima Pekerja Migran Illegal Dijanjikan Bekerja di Uni Emirat Arab

SuarIndonesia – Satgas gabungan terdiri dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Kalselteng bersama keamanan bandaran menyetop pengiriman pekerja migran non-prosedural di Bandara Syamsudin Noor, Senin (1/2/2021).

Para pekerja yang digagalkan itu bernama Ernawati, Norjannah, Mahmudah, Melawati, dan Rahmawati yang seluruhnya warga Tapin. Mereka mengaku bakal terbang ke Jakarta untuk selanjutnya dijanjikan bekerja di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Kepala UPT BP2MI Kalselteng, Amir Hakim Abdi Sihotang, mengatakan para pekerja ini sebelumnya difasilitasi oleh para sponsor atau calo saat hendak berangkat ke Jakarta.

Pihaknya bersama Polres Tapin dan Dinasker setempat masih mendalami dan menelusuri dugaan sponsor tersebut.

“Sponsor atau calo masih kami tindak lanjuti bersama satgas yang terdiri dari Dinasker Tapin, Polres Tapin, dan pihak kami,” ujarnya.

Ia menjelaskan, setelah di bandara para calo kemudian melepas pekerja secara mandiri dan menyerahkan sepenuhnya kepada calo lainnya yang menunggu di Jakarta.

“Pada pukul 18.00 WITA, mereka difasilitasi menuju ke Disnaker Kabupaten Tapin untuk diterima oleh Tim Satgas Kabupaten Tapin guna dilakukan interview dan pendataan lanjutan.

Setelah semuanya selesai kelima orang rersebut dipulangkan ke rumah masing-masing,” jelas Amir.(RW)

 421 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: