DIBANTU Pencatatan Keuangan UMKM di Kalsel

DIBANTU Pencatatan Keuangan UMKM di Kalsel

SuarIndonesia – Program Magang Pendampingan Pencatatan Keuangan UMKM Menggunakan Sistem Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SIAPIK) kepada mahasiswa.

Program tersebut kerjasama antara Bank Indonesia (BI) dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Penandatangan kerjasama tersebut dilaksanakan di Gedung Idham Chalid, Jumat (18/6/2021).

Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel, Amanlison Sembiring, mahasiswa ULM yang mengikuti magang nantinya akan menjadi pendamping pembukuan keuangan UMK.

“Kita mengadakan penandatangan MoU dengan ULM untuk mendukung kegiatan mahasiswa dalam memberikan pendampingan pembukuan menggunakan SIAPIK,” katanya.

Ia mengakui pencatatan keuangan UMKM bisa dikatakan belum terlalu baik, sehingga perlu dibantu. “ULM siap membantu melalui kerjasama dengan BI,” paparnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, mengatakan pemerintah harus mendorong kemajuan sektor usaha skala mikro sampai menengah tersebut.

Di samping itu, ia juga menyerukan upaya peningkatan kualitas dari sisi pelaku usaha.

“Maunya dari mikro naik ke kecil, dari kecil naik ke menengah, dari menengah naik ke besar.

Perlu adanya upgrade atau peningkatan. Tugas kita lah memfasilitasi mereka agar bisa upgrade,” kata Safrizal.

Penjabat Gubernur Kalsel yang memulai kariernya sebagai lurah di Aceh ini juga memberikan motivasi kepada para pelaku usaha.

“Kebanyakan pengusaha besar Indonesia memulai dari usah kecil, termasuk Bob Sadino. Artinya, ayo fight para pekerja di sektor UMKM,” bebernya.(RW)

 430 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: