DIAWASI KETAT Mulai Bidang Propam dan Dit Intelkam Tes Urine, Jadwal Satker lainnya Diacak

DIAWASI KETAT Mulai Bidang Propam dan Dit Intelkam Tes Urine, Jadwal Satker lainnya Diacak

SuarIndonesia – Sejumlah anggota Polri dari dua Satker di Polda Kalsel yaitu Bidang Propam dan Direktorat Intelkam menjalani pemeriksaan urine di hari pertama,

Semua perintah Mabes Polri, dan dilakuklan Polda Kalsel dan Polres Jajaran mulai Senin (22/2/2021).

Pengawasan ketat, satu persatu anggota diminta memberikan sampel urinenya untuk diperiksa apakah ada indikasi penggunaan narkotika atau tidak.

Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol M Rifa’i mengatakan, tes urine dilaksanakan setelah adanya telegram dari Mabes Polri melalui Divisi Propam Mabes Polri yang memerintahkan seluruh Polda melaksanakan tes urine.

Ia juga menyebut munculnya perintah tes urine massal bagi anggota Kepolisian merupakan buntut dari ditangkapnya Kapolsek Astaanyar beserta sejumlah anggotanya yang kedapatan menggunakan narkotika.

“Sebagai tindaklanjut kejadian di Polsek Astana di Bandung, Jawa Barat yang menimpa salah satu Kapolsek dan anggotanya.

Ada telegram dari Mabes Polri melalui Divisi Propam Mabes Polri memerintahkan seluruh Polda melaksanakan tes urine kepada anggotanya,” kata Kabid Humas.

Setelah dilaksanakan di dua Satker, tes urine kata dia akan dilanjutkan ke Satker lainnya namun dengan jadwal yang diacak dan tentunya tidak diumumkan sebelumnya.

“Dilaksanakan diam-diam tidak diberitahu sebelumnya. Percuma kalau sudah ketahuan akan ada tes urine,” ujarnya.

Jika ternyata ada anggota yang terindikasi positif, akan dilakukan penyelidikan terhadap yang bersangkutan apakah memang merupakan pengguna narkotika.

Tindakan tegas juga kata Kombes Pol Rifa’i akan diambil jika ada anggota yang terbukti positif sebagai pengguna narkotika.

Risiko pemecatan sebagai anggota Polri juga menjadi ancaman yang mungkin diterima jika kedapatan mengkonsumsi narkotika.

“Ya akan ditindaklanjuti dengan tindakan tegas, ini disampaikan Pak Kapolda,” pungkas Kabid Humas. (ZI)

 163 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: