CEGAH BANJIR, Bakal Dibangun Bendungan Kusan Hilir Seluas 40 Ribu Hektare

SuarIndonesia – Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu Subhansyah ST MT menegaskan
daerah yang dipimpin Bupati H Zairullan Asher bertekad membangun Bendungan Kusan Hilir.

Tujuan memprioritaskan pembangunan bendungan ini selain mencegah banjir, juga bendungan dengan luas 40 ribu hektare ini untuk dijadikan daerah resapan air.

“Insya Allah pembangunan Bendungan Kusan Hilir yang ada di Tanah Bumbu sudah bisa diwujudkan ke depan,”ucap Subhan usai menghadiri pembagian paket untuk anak yatim bersama Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar di depan kantor DPW PKB Jl Sultan Adam Banjarmasin, Jum’at (29/04/2022).

Menurutnya, sehabis lebaran ini akan mengambil sertifikat Bendungan Kusan di Jakarta yang berada di Direktur Bendungan dan pengambilan sertifikat dipastikan selama waktu 2 tahun bisa selesai.

Kadis PUPR Tanbu, Subhansyah ST MT . “Jadi sewaktu mengambil sertifikat itu, kita sudah action di lapangan. Dan bendungan tersebut dua kali lebih besar dari yang baru dibangun di Kabupaten Tapin Rantau,”ujarnya.

Baca Juga :

PEMBEBASAN Lahan Kolam Regulasi Bendungan Tapin Diselesaikan Pemprov Kalsel

Subahan menambahkan manfaat yang akan diperoleh dengan membangun Bendungan Kusan adalah sebagai penanggulangan banjir, untuk pengairan sawah dan pembangkit tenaga listrik tenaga air (PLTA) serta juga sebagai objek wisata baru.

“Dengan luas area kurang lebih 40 hektare mohon do’anya Bendungan Kusan ini cepat terlaksana dan juga merupakan cita-cita Bupati Tanah Bumbu Pak Zairullah Azhar dalam visi dan misinya,” ungkapnya.

Khusus untuk kelengkapan tekhnisnya sudah selesai semua lanjutnya, tinggal non tekhnis dengan anggaran dana APBN sebesar 2,9 triliun rupiah dan ditunjang juga dari APBD daerah.

“Mudah-mudahan di awal 2023 ini pelaksanaan Bendungan Kusan mulai dikerjakan dan Insya Allah sehabis masa Jabatan Bupati nanti Bendungan ini sudah selesai dan bisa dinikmati kita semua,” pungkasnya.(SU)

 219 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!