Banjarmasin akan Datangkan Truk Compactor

Banjarmasin akan Datangkan Truk Compactor

Suarindonesia – Menyusulnya sampah ota Banjarmasin semakin hari kian meningkat sementara armada pengangkut sampah punya performa yang terbatas. Mengambil jalan tengah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin berencana mendatangkan satu truk sampah compactor yang dinilai punya kinerja lebih oke.

Truk sampah compactor merupakan armada pengangkut yang sudah memiliki alat pemadat sampah pada bagian baknya. Praktis, saat petugas memasukkan limbah dalam truk bakal langsung dipadatkan.

Nah, untuk satu unit, truk sampah compactor bisa menampung sampah setara dengan 3 buah armada biasa.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Drs H Mukhyar menyatakan selain truk sampah compactor membuat pengelolaan sampah menjadi lebih efektif dan efisien, armada pengangkut ini juga bisa mencegah tetesan air sampah jatuh ke jalan.

“Fungsi lainnya, compactor ini kegunaannya untuk mengpres sampah. Jadi, ketika diambil di tempat penampungan sementara (TPS), maka sampah itu ditekan dulu untuk dikirimkan ke TPA,” ucapnya.

Untuk sementara waktu, Mukhyar mengaku hanya mengusulkan satu unit truk sampah compactor melalui dari dana insentif daerah, dalam pengadaan tahun 2019. Diperkirakan, untuk satu unitnya senilai Rp400-Rp600 juta. “Makanya kita coba satu dulu, efektif atau tidaknya. Bila dirasa efektif, maka akan kita tambah,” ujarnya.

Bahkan untuk diketahui, truk sampah compactor bisa memanfaatkan muatannya hingga sepertiga dari volume awal. Oleh karena itu, jumlah sampah yang diangkut bisa lebih banyak dibanding menggunakan truk sampah konvensional.

Truk compactor ini dinilai lebih aman untuk mengangkut sampah karena meminimalisasi potensi sampah tercecer sepanjang perjalanan menuju tempat pembuangan akhir. Desainnya dengan bak tertutup dan miring ke arah dalam memungkinkan pengangkutan sampah yang bebas bau, sekaligus berfungsi menjaga cairan sampah agar tidak mengotori lingkungan.(SU)

 343 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: