Antisipasi Kerawanan Arus Pemudik Tim Polda Kalsel Telusuri Jalur Hingga Perbatasan Kaltim

Antisipasi Kerawanan Arus Pemudik Tim Polda Kalsel Telusuri Jalur Hingga Perbatasan Kaltim

Suarindonesia – Demi kelancaran dan antisipasi kerawanan arus pemudik maupun pengguna jalur lainnya, tim Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel), telurusi jalur hingga perbatasan Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (15/5).

Kegiatan survei jalur perbatasan itu dilakukan jajaran Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda Kalsel bersama Pejabat Balai Jalan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perhubungan Balai Pengelolaan Transportasi Darat serta juga Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional.

“Iya survei kondisi sepanjang jalur Jalan A Yani hingga perbatasan Kalsel dan Kaltim,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel, Kombes Pol Muji Ediyanto.

Bahkan katanya, yang mendapat perhatian adalah jalan yang longsor di Desa Mawangi Padang Batung menuju obyek wisata Loksado Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS)

Ketika itu sejumlah pejabat terkait di lokasi cek jalan yang mengalami kerusakan  serta terminal dan pos pos yang dijadikan tempat pelayanan arus mudik.

“Semua ingin memastikan kesiapan jalur lalu lintas maupun fasilitas pendukung lain seperti terminal dan bandara,” ujarnya ketika itu peninjauan kawasan Bandara Syamsudin Noor.

Peninjauan dilakukan menjelang operasi kepolisian yang disiapkan untuk pengamanan hari besar keagamaan yakni Ketupat Intan 2019 dan merupakan operasi rutin jajaran kepolisian.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan otoritas bandara terkait kesiapan angkutan udara di tempat tersebut.

“Kami sudah berkoordinasi dengan manajemen bandara dan mereka sepenuhnya siap mengantisipasi arus mudik dan balik penumpang sehingga bisa melayani dengan baik,” jelasnya.

Mengenai kesiapan jumlah personel lalu lintas yang disiapkan di seluruh Kalsel, ia mengatakan masih belum ditentukan jumlahnya karena operasi Ketupat Intan 2019 belum digelar dan masih dipersiapkan. Jumlah personel keseluruhan masih belum ada tapi jika operasi sudah dilaksanakan baru disiapkan, namun yang pasti seluruh personel lalu lintas siap memberikan rasa aman dan lancar di jalan raya,” ujarnya lagi.

Ditekankan, pihaknya melakukan pembaharuan data dan kondisi terkait situasi lapangan baik terkait bencana alam maupun kondisi rawan laka lantas dan rawan macet jelang perayaan Idul Fitri. (ZI)

 

 360 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: