Trotoar Jalan A Yani akan Dipagar, Kerap Jadi Parkiran

Trotoar Jalan A Yani akan Dipagar, Kerap Jadi Parkiran

Suarindonesia – Guna mempercantik Kota Banjarmasin dengan dibuatnya trotoar yang menelan dana Rp9 miliar lebih di sepanjang Jalan A Yani. Ternyata usaha mengedukasi pemanfaatan trotoar tersebut belum berhasil dan terbukti masih disalahgunakan oknum masyarakat.

Pasalnya, trotoar yang cukup minim dipakai para pejanan kaki akhirnya justru dipakai warga untuk parkir kendaraan roda dua dan empat. Hal tersebut menimbulkan banyak keluhan warga lain.

Menanggapi masalah terdebut, Plt Kadiz PUPR Kota Banjarmasin, Joko Pitoyo, tahun ini mengupayakan akan membuat pagar di sepanjang trotoar. Itu dilakukan menyusul banyaknya laporan masyarakat.

“Karena trotoar Jalan A Yani sering disalahgunakan yakni dijadikan parkiran, tahun ini akan kami kasih pagar mulai dari Jalan A Yani Km 1 hingga 6,” kata Plt Kadis PU Kota Banjarmasin Ir H Joko Pitoyo kepada wartawan di Balaikota, Jumat (18/1).

Joko menegaskan fungsi trotoar yang dibangun Pemerintah Kota Banjarmasin, sejak 2018 lalu itu sepenuhnya untuk kepentingan pejalan kaki dan warga difabel, juga untuk keindahan Kota Banjarmasin.

Ditanya soal kondisi trotoar yang saat ini banyak retak-retak, entah apa di balik itu penyebabnya? Joko mengatakan kerusakan masih ditanggung kontraktor selama enam bulan.

“Soal kerusakan trotoar masih ditanggung oleh kontraktor selama 6 bulan. Setelah itu baru menggunakan biaya perawatan dimana PUPR sudah menyiapkan anggaran tersebut,” ujarnya

Sebelumnya, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina ingin memaksimalkan penataan kota khususnya di bagian pintu gerbang Banjarmasin yakni akan mempercantik trotoar sepanjang Jalan A Yani Banjarmasin.

Ibnu menyebutkan, penerapkan program penataan ini akan berdampak baik bagi Banjarmasin. Karena jalan tersebut pertama kali yang akan dilihat.

“Jalan A Yani merupakan pintu gerbang masuk ke Banjarmasin. Saat pendatang dari luar datang kondisi zjalan A Yani menjadi pamandangan pertama yang dilihat. Apabila itu bagus tentu akan memberi nilai tambah bagi kota,” katanya.(SU)

 227 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: