Trafo Diduga Tak Layak Dipasang, Belum Sebulan Diganti PLN Kembali Meledak

Trafo Diduga Tak Layak Dipasang, Belum Sebulan Diganti PLN Kembali Meledak

Suarindonesia -Warga pada sejumlah Rukun Tetangga (RT) di kawasan Komplek Cempaka Putih Kelurahan Kuripan Banjarmasin Timur, termasuk pihak Puskesmas dibuat kesal dan terus mengeluh atas aliran listrik di sekitarnya.

Kalau sebelumnya trafo (transformator) yang ada bercokol di depan rumah dinas Camat Banjarmasin Timur atau sekolahan SD setempat, meledak dan diganti.

Ternyata masih membuat masalah soal aliran pada sebagian rumah dan menduga yang terpasang itu `trafo rongsokan’.

“Hampir seperti minum obat, tiap hujan atau angin ribut, pasti pada bagian alat di trafo itu kumat dengan turun-naiknya tegangan listrik,’’ kata Rina, salah satu ibu rumah tangga yang di tinggal di kawasan RT 08 Komplek Cempaka Putih, Sabtu (12/1)

Warga melapor, meski sejak siang atau sore melalui operator, dan pasti malam atau hingga dinihari, baru petugas PLN-nya datang perbaiki.

Kejadian sejak belum sampai sebulan diganti itu, sudah empat kali diganti kabel di bagian dalam alat pembagi atau pembatas aliran pada trafo, dan itu normal kembali.

Namun itu disebut tak berapa lama bertahan, dan kejadian Jumat sore (11/1), kumat lagi.

Warga melaporkan sejak sore itu dan Sabtu dinihari (12/1) sekitar pukul 01.30 WITA, ada petugas perbaiki.

Untuk perbaiki itu, sepanjang kawasan dipadamkan aliran listrik, dan ketika mau dipasang lagi alat bagian trafo, meledak dan kagetkan warga.

Hingga dinihari itu, sampai sore Sabtu, pukul 15.45 WITA, bagian lairas di rumah warga masih padam dan tak ada upaya atau datang petugas PLN perbaiki, meski `bertubi-tubi’ disampaikan keluhan atas pemadaman semalaman tersebut. (ZI)

 473 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: