TAK TERSENTUH Jaringan Telekomunikasi Ratusan Desa di Kalsel

SuarIndonesia – Saat ini masih terdapat 316 desa blank spot di Kalsel yang perlu dibangun BTS.

316 desa tersebut berada di Kabupaten Barito Kuala sebanyak 64 desa dari 201 jumlah desa yang ada, disusul Kabupaten Banjar 46 desa dari 277 jumlah desa, dan Kabupaten Tanah Laut 45 desa dari 135 jumlah desa.

Kemudian, Kabupaten Kotabaru masih terdapat blank spot sekitar 38 desa, Hulu Sungai Tengah 33 desa, Hulu Sungai Selatan 32 desa, Tanah Bumbu 18 desa, Balangan 16 desa, Hulu Sungai Utara 9 desa, Tapin 6 desa, Kota Banjarbaru 2 desa, Tabalong 7 desa, sedangkan Kota Banjarmasin sudah teratasi 100 persen.

Berdasarkan data Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel, dari seluruh wilayah di Kalsel saat ini tersisa 9 persen yang masih mengalami blank spot (titik kosong) jaringan telekomunikasi. Blank spot tersebar di sejumlah desa di beberapa kabupaten/kota, di antaranya Kabupaten Tanah Laut.

Di Kabupaten Tanah Laut persentase blank spot sekitar 33,33 persen dan ini masuk dalam kategori sedang.

Dua belas kabupaten/kota lain berstatus baik atau persentasenya di bawah 33 persen,” jelas Kadiskominfo Kalsel, M. Muslim.

Mengatasi blank spot tersebut, pihaknya telah menyampaikan permohonan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberikan bantuan pengadaan Base Transceiver Station (BTS) dalam rangka mengatasi area blank spot di Kalsel.

“Kami terus berkoordinasi dengan Kemenkominfo, karena memang kewenangan membangun BTS itu ada di mereka,” bebernya.

Selain berkoordinasi dengan Kementerian, Muslim menjelaskan pihaknya juga menggandeng sejumlah provider penyedia layanan telekomunikasi di Kalsel untuk membangun BTS di daerah yang masih terdapat blank spot.

“Alhamdulillah di 2022 ini beberapa provider telah membangunkan BTS, seperti XL AXIATA membangun BTS di 12 titik desa blank spot, kemudian satu titik oleh Indosat, dan satu titik oleh Smartfren,” jelas Muslim.(RW)

 99 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!