Pemko Gelontorkan Bantuan Usaha Ikan 100 WUB

Pemko Gelontorkan Bantuan Usaha Ikan 100 WUB

Suarindonesia – Pemko Banjarmasin setelah berhasil mencetak 2.100 wira usaha baru, Kamis (16/05/2019) melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin.

Pemko kembali menggelontorkan bantuan 100 Wira Usaha Baru berupa kolam ikan dan puluhan bibit ikan lele kepada 10 kelompok petani di bawah bimbingan dinas tersebut.

“Bantuan yang dikucurkan tersebut agar membantu para WUB baru yang direkrut dalam meningkatkan ekonomi rakyat,” ujar Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, usai penyerahan bantuan sarana produksi dan pemasaran kegiatan penciptaan dan pengembangan Wira Usaha Baru (WUB) bidang perikanan se Kota Banjarmasin, di pendopo dinas pertanian, Banua Anyar, Kamis (16/5).

Menurut Ibnu, bertambahnya 10 kelompok atau 100 orang perikanan tersebut menambah jumlah WUB yang telah direkrut Pemko Banjarmasin. “Kini jumlah WUB yang direkrut sejak tiga tahun terakhir sebanyak 2017 orang WUB namun yang berhasil 1.000 WUB yang berhasil hanya sampai pelatihan,” katanya.

Pada penyerahan bantuan bagi WUB tersebut diharapkan mendorong perkembangan WUB sebagaimana yang diupayakan pemerintah ke depan. Karena visi dan misi Walikota H Ibnu Sina dan Wakilnya Hermansyah berencana mencetak 250 wirausaha baru.

Sedangkan Kabid Perikanan Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian Kota Banjarmasin, Rudiani mengungkapkan, pembagian alat dan bibit perikanan tersebut merupakan program tahunan dinas pertanian dalam upaya menciptakan dan mengembangkan WUB di bidang pertanian.

Tahun sebelumnya juga direkrut 10 kelompok yang mengembangkan ikan dengan media kolam buatan dan bibit ikan papuyu. Dan hasilnya kelompok tani perikanan tersebut berkembang tak hanya dalam perkembangbiakan bibit ikan namun mengembangkan hasil budidaya dan produksi ikan menjadi produk lain seperti nuget ikan, krupuk.

Program menciptakan WUB ini adalah progran prioritas Pemko Banjarmasin di bawah kepemimpiman Walikota H Ibnu Sina dan Wakil Hermansyah.

Targetnya dalam masa lima tahun sebanyak 2.500 WUB pada tahun 2021 dengan prediksi 500 WUB/tahun.(SU)

 423 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: