Paman Birin : Mari Hidupkan Tradisi Magrib Mengaji

Paman Birin : Mari Hidupkan Tradisi Magrib Mengaji

Suarindonesia – Sekolah Islam Terpadu (SIT) Ukhuwah melaksanakan program Daurah Tahfizh Al Qur’an angkatan ke-5.

Kegiatan tersebut bertujuan agar para santri yang mengikuti kegiatan tersebut bisa menghafal ayat-ayat suci Al Qur’an sebanyak 2 juz dalam satu minggu.

Jumlah peserta yang mengikuti kegitan yang dilaksanakan untuk mengisi liburan sekolah itu sebanyak 304 orang santri.

Saat pembukaan kegiatan yang digelar di Gedung SIT Ukhuwah Banjarmasin, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor melalui Asisten II Setda Provinsi Kalsel Siswansyah mengatakan, dengan mempedomani Al Qur’an sebagai penuntun hidup, maka tidak sulit untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang adil, makmur, damai dan sejahtera.

Karena itu, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat di Bumi Lambung Mangkurat untuk menghidupkan kembali tradisi Magrib Mengaji. “Marilah kita sama-sama bergerak untuk menghidupkan kembali tradisi Magrib Mengaji. Mari kita mulai dari diri kita sendiri dan keluarga kita, untuk terbiasa membaca Al Qur’an di antara waktu Magrib dan Isya,” ujarnya.

Jika Magrib Mengaji bisa menjadi budaya di daerah ini, jelasnya, maka kehidupan seluruh umat muslim akan dihiasi dengan keberkahan dan kemuliaan. “Sungguh, mempelajari Al Qur’an itu sangat penting bagi umat Islam. Belajar membaca, menghafal, menghayati dan mengamalkan Al Qur’an, semuanya sangat penting. Allah SWT telah menegaskan Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia, pembeda antara yang hak dan batil, juga penyejuk dan penentram jiwa,” jelasnya.

Pemprov Kalsel sealu berkomitmen membangun kehidupan, yang dilandasi nilai-nilai keagamaan. Dan untuk mewujudkan kehidupan yang agamis itu, lanjutnya, komitmen tersebut ditempatkan pada misi pertama pembangunan di Kalsel.

“Karena itu, setiap kegiatan keagamaan dalam bentuk apapun, kami sangat mengapresiasi dan mendukung semaksimal mungkin. Apalagi untuk kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran Al Qur’an, seperti menghafal Al Qur’an ini,” ujarnya, Minggu (23/12).

Dalam kegiatan yang dihadiri Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, dan Ketua TP PKK Provinsi Kalsel H Raudatul Jannah Sahbirin Noor itu, Paman Birin juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada SIT Ukhuwah yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam meningkatkan sumberdaya manusia di Provinsi Kalsel.

“Insya Allah, kegiatan 1 pekan hafal 2 juz Al Qur’an ini, akan menumbuhkan kesadaran kita bersama, bahwa menghafal Al Qur’an merupakan suatu kegiatan yang sangat baik untuk kita tanamkan dalam kehidupan keluarga, dan masyarakat kalimantan selatan,” pungkasnya.(SU)

 251 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: