Jembatan Alalak Ditutup, Tiga Jalan di Utara Jadi Satu Arah

Jembatan Alalak Ditutup, Tiga Jalan di Utara Jadi Satu Arah

Suarindonesia – Menyusul pembangunan Jembatan Stay Cabled Alalak, tiga ruas Jalan di Banjarmasin Utara yaitu Jalan Adhyaksa dan Jalan Cemara Raya dan Cemara Ujung direncanakan diberlakukan satu arah untuk mengurangi kemacetan yang terjadi akibat ditutupnya jembatan itu selama proses pembangunan 2 tahun.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Drs H Ichwan Noorkhalik mengatakan tiga ruas jalan yang rencananya akan dijadikan satu arah adalah Jalan Adhyaksa dan Jalan Cemara Raya serta Cemara Ujung menyusul ditutupnya Jembatan Alalak.

“Jalan Adhyaksa ini nanti berlaku satu arah dari Sultan Adam ke arah Bundaran Kayutangi, dan Jalan Cemara Raya juga satu arah dari simpang Minimarket Glow ke arah dalam Cemara Ujung,” ucap Kadis Perhubungan Drs H Ichwan Noor Chaliq kepada awak media, di sela-sela menghadiri pelantikan pejabat eselon III dan IV di Balaikota Banjarmasin,Jumat (11/1).

Menurut Ichwan, pemberlakuan jalan satu arah tersebut dinilai efektif untuk mengurai kemacetan. Pasalnya pengguna jalan di Banjarmasin Utara sangat padat yang didominasi oleh mahasiswa beberapa perguruan tinggi.

“Padat kawasan seputar Kayutangi ini karena kawasan kampus-kampus banyak di sana. Apalagi Cemara Raya menjadi icon fashion banyak butik-butik yang berdiri, sudah bisa dipastikan macet akan terjadi apabila dibiarkan dua arah,” katanya.

Ichwan menambahkan pihaknya masih mengkaji arus satu arah. Apabila selesai pengkajian, maka akan dilakukan rekayasa yang kemudian untuk dilanjutkan penerapan jalan tersebut menjadi satu arah.

“Tunggu saja kita masih mengkaji, nanti akan kita beritahukan. Apabila efektif dilanjutkan untuk dijadikan satu arah, dalam bulan ini juga pengkajian dilakukan,” ungkap Ichwan.

Selain itu, ujar mantan Kadis Pol PP Ichwan, meminta kepada masyarakat untuk bersabar jika mengalami kemacetan saat pelaksanaan pembangunan Jembatan Stay Cabled Alalak. “Mohon bersabar karena memang kemacetan merupakan dampak dari pembangunan jembatan dan jalan,” pungkasnya.(SU)

 482 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: