HARI ANAK, Peringatannya Dimeriahkan Permainan Tradisional

SuarIndonesia – Pada peringatan Hari Anak Nasional di Lapangan Murjani, Minggu (31/7/2022), dimeriahkan dengan permainan tradisional seperti balogo, engrang, bakiak, dan bagasing, serta banyak lagi olahraga tradisional Banjar.

Pimpinan Forum Anak Daerah Kalsel, Rayda , mengatakan pada waktu bersamaan juga dikampanyekan anti kekerasan terhadap anak.

“Juga ada taman baca dari perputakaan daerah,” singkatnya.
Sementara itu, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin, mengapresiasi DP3A serta Forum Anak Daerah Kalimantan Selatan.

“Terima kasih sudah terus semangat mengampanyekan pemenuhan hak anak,” katanya.

Di tempat yang sana, Kasi Pemenuhan Hak Sipil Informasi dan Partisipasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kalsel, Aida Rosdiana, mengatakan peringatan HAN tanun ini digelar dua kali.

Dirinya bersyukur, dalam dua kegiatan tersebut gubernur dapat berhadir dan mendengarkan suara anak Banua. Mungkin kata dia, akan direalisasikan dua tahun ke depan.

Ia mengaku, kali ini menyuarakan dan mengampanyekan anak Banua harus terbebas dari segala bentuk kekerasan oleh oknum tak bertanggung jawab.

“Kami juga meramaikan peringatan ini dengan sejumlah olahraga tradisional,” ucapnya.

Diharapkan, dengan edukasi permainan tradisional dapat menurunkan ketergantungan anak terhadap smartphone. Juga sebagai bentuk mengenalkan kearifan lokal.

“Mereka harus tahu bahwa mereka punya permainan yang mengedukasi sebagai bekal untuk hidup di masa mendatang,” imbuhnya.(RW)

 155 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!