DPMD Harus Mengimplementasikan Perda Sebagai Landasan Lebih Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat

DPMD Harus Mengimplementasikan Perda Sebagai Landasan Lebih Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat

SuarIndonesia – Perda Kalsel No. 4 tahun 2016 tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, sangat berpotensi untuk menggali potensi yang dimiliki suatu desa bahkan dapat memberdayakan masyarakatnya.

“Selain bisa diketahui dan dimanfaatkan masyarakat, dengan tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ucap anggota Komisi III DPRD Kalsel, Hasanuddin Murad Minggu (5/9/2021)

Menurut Hasanuddin, Peran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kalsel sangat  penting membantu dalam Penyebarluasan Perda ini

“Semoga DPMD dapat mengimplementasikan perda ini sebagai landasan untuk lebih meningkatkan aktivitas, pemberdayaan masyarakat desa,”

Lebih jauh Hasanuddin mengatakan dengan pemberdayaan masyarakat dan Desa bisa mengurangi Urbanisasi.

Perpindahan penduduk dari desa ke kota, untuk mengadu nasib yang hanya memiliki kemampuan terbatas.

“Begitu sampai ke kota, dengan kemampuan terbatas hingga mereka menjadi buruh dan pekerja lepas, kita tidak ingin hal ini terjadi, oleh sebab itu DPMD lebih melakukan peningkatan pemberdayaan masyarakat,”imbuhnya

Dia juga mengatakan, masyarakat yang memilih peruntungan di kota akan sulit bersaing karena sumber daya yang terbatas.

Camat Alalak Kabupaten Batola, Muhammad Sya’rawi mengatakan perlu mengedukasi keahlian maupun SDM dengan melihat potensi keunggulan di setiap desa.

“Pemberian keterampilan harus disesuaikan dengan hal menonjol di desa, seperti budidaya ikan, perkebunan, peternakan, termasuk memaksimalkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” ujarnya

Meski Perda Kalsel No. 4 tahun 2016 sudah cukup lama, namun terus disosialisasikan, karena sejauh ini banyak produk regulasi DPRD berupa perda tidak diketahui masyarakat karena minimnya informasi dan upaya publikasi ke publik. (HM)

 71 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: