DIIZINKAN Tatap Muka untuk Penilaian Tengah Semester SMP di Banjarmasin

DIIZINKAN Tatap Muka untuk Penilaian Tengah Semester SMP di Banjarmasin

SuarIndonesia – Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat resmi menerbitkan izin untuk melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) secara tatap muka.

Izin tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) dari Disdik Kota Banjarmasin atas surat permohonan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SMP Negeri Banjarmasin yang masuk ke Disdik pada tanggal 13 September 2021 lalu terkait izin tatap muka dalam pelaksanaan PTS.

Dalam SE yang langsung ditandatangani oleh Kepala Disdik Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto itu, merupakan hasil koordinasi dengan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Sebagaimana yang terpantau di lapangan, salah satunya di SMPN 9 Banjarmasin, pelaksanaan PTS di hari pertama berjalan relatif lancar.

Angelica Caroline, siswi kelas 8 di SMPN 9 Banjarmasin, mengaku sudah mendapatkan izin dari orang tuanya untuk turun ke sekolah.

“Pesan orangtua selalu jaga jarak, jangan berkerumun sama teman,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 9 Banjarmasin, Pahri menjelaskan, ada sebanyak 850 siswa yang melaksanakan PTS tatap muka hingga 27 September mendatang.

Sebagian besar siswa juga telah divaksin, meskipun belum sampai 100 persen. Hal itu disebabkan ada siswa yang berusia dibawah 12 tahun dan faktor baru selesai menjalani Isolasi Mandiri.

“Kita bagi tiga sesi. dari pukul 8 pagi sampai 12 siang. Satu kelas maksimal diisi 15 orang siswa,” ucapnya, saat ditemui awak media di sekolah, Rabu (15/09/2021).

Pahri mengakui ada sekitar 6 orang siswa yang tidak bisa hadir dan ikut PTS, lantaran sedang berada di luar daerah bersama orangtuanya. Alhasil, mereka pun terpaksa mengikuti ujian susulan.

Sedangkan bagi siswa yang tidak bisa hadir karena sakit, maka orangtuanya diminta datang ke sekolah untuk mengambil soal ujian.

“Orangtuanya kita minta datang mengambil soal ujian lalu dikerjakan siswa di rumah. Setelah diserahkan lagi ke sekolah. Tidak bisa kita awasi, sehingga minta kejujurannya saja. Kalau secara online kita takut terkendala jaringan,” imbuhnya.

PTS tatap muka terbatas juga diselenggarakan di SMPN 1 yang sama-sama berlokasi di komplek pelajar Mulawarman itu dalam tiga sesi.

Sama halnya dengan di SMPN 9, beberapa siswa di SMPN 1 juga ada tidak bisa mengikuti PTS, lantaran sedang berada di luar daerah.

Namun, Kepala SMPN 1 Banjarmasin, Gt. Khairur Rahman membeberkan, pihaknya tidak menyediakan PTS secara online, sehingga mereka yang tidak bisa hadir mengikuti ujian susulan.

“Awalnya kita sudah mendesain PTS secara online. Tapi karena hanya sedikit yang tidak hadir jadi kita lakukan ujian susulan saja. Cuma sekitar 8 orang dari 900 lebih siswa,” ungkapnya saat ditemui awak media di sekolah.

Ia menjelaskan, bahwa pelaksanaan PTS sendiri disambut antusias oleh siswa dan para orang tua. Terlebih mayoritas siswa juga telah mendapat vaksin Covid-19, baik secara mandiri maupun yang diselenggarakan sekolah beberapa waktu lalu.

“Ibaratnya sudah jadi hal yang ditunggu-tunggu. Karena dulu sudah sempat PTM tapi kembali dihentikan. Siswa dan guru juga jenuh luar biasa karena tidak bisa turun ke sekolah,” pungkasnya.

Sebelumnya, dalam SE yang diterbitkan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin pada tanggal 14 September 2021 itu terdapat, beberapa poin terkait dengan pelaksanaan PTS tatap muka terbatas.

1. Memberikan izin Tatap Muka untuk kegiatan Penilaian Tengah Semester tahun 2021 sesuai Kalender Pendidikan Tahun 2021.

2. Tatap Muka dimaksud poin 1 di atas adalah Tatap Muka terbatas dalam rangka Penilaian Tengah Semester Tahun 2021 dilaksanakan tanggal 15 s.d 27 September 2021.

3. Tatap Muka dalam rangka Penilaian Tengah Semester wajib mematuhi protokol kesehatan berupa :

a. Memakai masker dan menyiapkan cadangan masker.
b. Menyediakan tempat cuci tangan dari air kran yang mengalir.
c. Menyiapkan alat pendeteksi suhu tubuh (Thermogun).
d. Melakukan penyemprotan disinfektan dikelas setiap hari sebelum pelaksanaan PTS.
e. Mengefektifkan Tim Satgas Sekolah dalam penanganan antisipasi penyebaran Covid 19. (SU)

 68 kali dilihat,  39 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: