DIINGATKAN Jadilah Alumni Berkapasitas, Inilah Wisudawan Akper Kesdam Vl/Mulawarman

Bagikan :
DIINGATKAN Jadilah Alumni Berkapasitas, Inilah Wisudawan Akper Kesdam Vl/Mulawarman

SuarIndonesia – Ada sekitar 61 Mahasiswa Akper Kesdam VI/Mulawarman mengikuti prosesi wisuda ke XVII, dilaksanakan di sebuah hotel Banjarmasin, Rabu (22/9/2021).

Akper Kesdam VI/Mulawarman Banjarmasin, yang berkampus di Jalan M. Soetoyo No. 408 Banjarmasin, sebelah RS TPT DR. R. Soeharsono ini, menggelar prosesi wisuda metode daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Wisuda yang dilaksanakan secara luring dengan menghadirkan orang tua secara daring, diikuti wisudawan yang terdiri dari 15 orang dari program tugas belajar TNI Angkatan Darat dan 46 orang dari masyarakat umum.

Direktur Akper Kesdam VI/Mulawarman Hj. Tri Mawarni dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan wisuda merupakan rangkaian akhir dari program pendidikan diploma III keperawatan yang ditempuh selama 3 tahun (110 sks).

“Ini sebagai bentuk ceremonial dalam rangka mengesahkan gelar ahli madya keperawatan,” ujarnya.

Mahasiswa terbaik 1 dengan IPK 3,83 tertinggi dengan predikat cumlaude diraih Abdul Samad, yang kedua dengan IPK 3,80 atas nama Veri Santoso dan terbaik ketiga dengan IPK 3.79 atas nama Yuli Gadung Tri Handoko.

Sementara itu Dandenkesyah Banjarmasin Letkol Ckm Anang Junaidi yang membacakan sambutan Kakesdam VI/Mulawarman menyampaikan, para wisudawan harus memiliki sikap disiplin tinggi serta berani berkorban untuk bangsa dan negara.

“Salah satu ciri khas pendidikan kesehatan di lingkungan TNI Angkatan Darat ialah disiplin dan rela berkorban.

Kami berharap setelah lulus dapat mengabdi di mana pun tempat di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Jumlah lulusan angkatan ke XVII Tahun. 2020/2021 sebanyak 61 orang dengan kelulusan akademik dan telah lulus uji kompetensi D3 keperawatan (lulusan merupakan tahun pertama yang diberlakukan kebijakan exit exam) dan telah diangkat sumpah.

Sementara Perwakilan DPW PPNI Provinsi Kalsel H Iswantoro, S.Kep, M.M menyampaikan, untuk menunjang kinerja di lapangan, mendorong para wisudawan mengikuti uji kompetensi, uji kompetensi merupakan satu hal wajib yang harus dilakukan bagi tenaga kesehatan baik perawat, bidan, dokter, apoteker, dan tenaga kesehatan lainnya.

Tak hanya itu, uji kompetensi juga menjadi syarat mutlak dikeluarkannya tanda registrasi dari konsil tenaga kesehatan keperawatan.

“Nantinya surat registrasi tersebut menjadi syarat mendapatkan izin praktik,” tegasnya

Sementara itu Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Prof Dr lr H. Udiansyah, M.S. yang berharap agar para wisudawan menjadi pelopor penerapan protokol kesehatan, menjadi harapan bangsa dan negara.

“Jadilah alumni yang berkarakter, alumni yang berkapasitas, Jadilah pelajar seumur hidup dan jadilah alumni yang mampu berdaya saing menunjukkan lebih dari yang lain,”  tegasnya

Akper Kesdam VI/Mulawarman juga membuka penerimaan mahasiswa baru TA. 2021/2022 melalui website pmb.akeperkesdam6tpr.ac.id atau dapat mengunjungi kampus Akper Kesdam beralamat di Jalan Mayjen Sutoyo Banjarmasin. (ZI)

 143 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!