TANPA LAWAN Quartararo di MotoGP Andalusia, Dibuntuti Vinales dan Rossi

TANPA LAWAN Quartararo di MotoGP Andalusia, Dibuntuti Vinales dan Rossi
Fabio Quartararo berjaya di MotoGP Andalusia 2020 (Getty Images/Mirco Lazzari gp)

SuarIndonesia – Yamaha sapu bersih MotoGP Andalusia 2020. Pebalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo memenangi balapan disusul duo Monster Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi.

Pada balapan MotoGP seri kedua yang masih dihelat di sirkuit Angel-Nieto, Jerez, Minggu (26/7/2020) malam WIB, Quartararo yang memegang pole tak tertahankan sejak lap pertama untuk menjaga posisinya itu.

Diliris dari detikcom, Quartararo akhirnya muncul sebagai pemenang disusul Vinales dan Rossi. Mereka terlibat duel di dua lap terakhir untuk merebut posisi runner-up. Dengan tambahan 25 poin, Quartararo kukuh di posisi pertama klasemen MotoGP 2020 dengan 50 poin, unggul 10 angka dari Vinales di posisi kedua dengan 40 poin.

Balapan berikutnya dihelat di MotoGP Republik Ceko 9 Agustus.

Begitu lampu hijau menyala, Quartararo langsung mempertahankan posisi terdepan dan melesat dari kejaran Vinales. Rossi yang start keempat langsung mengambil alih posisi ketiga dari Francesco Bagnaia.

Nasib sial dialami Miguel Oliveira yang start kelima terjatuh di tikungan pertama karena diseruduk motor lain. Quartararo masih mempertahankan posisi terdepan, sementara Vinales dan Rossi coba mengejarnya.

Vinales yang coba menyalip menjelang lap pertama berakhir malah gagal dan melebar, sehingga posisinya disalip Rossi yang langsung berada di posisi kedua. Selepas lap pertama, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci masih kesulitan menembus sepuluh.

Sementara, Alex Marquez mampu melesat ke posisi ke-14 setelah cuma start di luar 20 besar. Dua lap berlalu, Quartararo sudah meninggalkan Rossi dan Vinales yang masih bertarung untuk memperebutkan posisi kedua.

Memasuki lap keempat, Quartararo sudah unggul lebih dari 2,5 detik atas Rossi di posisi kedua. Sementara, Jack Miller, Bagnaia, Takaaki Nakagami, Franco Morbidelli, Joan Mir, Dovizioso, dan Petrucci melengkapi 10 baris terdepan.

Tujuh lap berlalu, Quartararo menajamkan selisih waktu menjadi hampir 3,5 detik atas Rossi di posisi kedua, yang masih terus menghindari kejaran Vinales. Miller dan Bagnaia masih tetap di posisi keempat serta kelima.

Satu lap berselang, Vinales malah mendapat masalahan tambahan saat mengejar Rossi. Bagnaia dan Miller yang menguntit nyaris menyalip Vinales, namun pebalap asal Spanyol itu masih mampu mempertahankannya.

Tapi, di lap kesembilan, Bagnaia mampu mendahului Vinales dalam sebuah duel di tikungan dan mampu bertahan dari serangan Vinales berikutnya. Quartararo di mana? Pebalap Perancis itu malah sudah melebarkan jarak menjadi empat detik dan berlari sendirian di depan.

Nasib sial untuk Vinales di lap ke-10, karena tiba-tiba dia kehilangan tenaga motornya dan perlahan disalip Miller serta Franco Morbidelli untuk turun ke posisi keenam. Masih di putaran yang sama, Miller malah terjauh ke luar lintasan saat berada di posisi kelima.

Sementara itu, Bagnaia di lap ke-11 mampu menyalip Rossi di trek lurus dan mengunci posisi kedua. Vinales masih mengejar Morbidelli untuk merebut posisi keempat.

Quartararo makin tak terkejar di posisi pertama dengan jarak 4,5 detik atas Bagnaia di lap ke-13.

Alex Marquez akhirnya mampu masuk 10 besar di lap ke-15, di belakang Pol Espargaro, Dovizioso, Joan Mir, dan Nakagami. Morbidelli mengalami bencana ketika motornya kehilangan tenaga dan membuatnya harus menuntaskan balapan lebih cepat di lap ke-16.

Padahal Morbidelli tengah mengejar Vinales dan Rossi. Memasuki lap ke-18, posisi dua besar tampaknya bakal jadi milik Quartararo dan Bagnaia. Tapi, motor Bagnaia mulai bermasalah ketika asap terlihat keluar, yang membuat tim di paddock terkejut.

Di awal lap ke-19, Bagnaia akhirnya harus out dari balapan sehingga gagal mendapat podium. Rossi dan Vinales ketiban untung karena mampu naik ke barisan podium.

Quartararo sudah unggul hampir delapan detik di posisi terdepan.

Usaha Vinales untuk menyalip Rossi akhirnya terwujud di lap ke-24 ketika dia mampu menyodok dari sisi luar rekan setimnya itu. Vinales akhirnya mampu tampil sebagai runner-up di balapan itu, setelah Fabio Quartararo jadi yang pertama finis di MotoGP Andalusia 2020.

Rossi harus puas di posisi ketiga disusul Takaaki Nakagami dan Joan Mir.(RA)

 207 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: