Semua SMP di Banjarmasin Ujian Berbasis Komputer

Semua SMP di Banjarmasin Ujian Berbasis Komputer

Suarindonesia – Seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat baik yang berstatus negeri maupun swasta di Banjarmasin serentak akan menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dihelat bulan april, tepatnya 22 sampai 25 April 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Drs H Totok Agus Daryanto dalam jumpa press dengan wartawan, Rabu (23/1/2019) sore, mengungkapkan pada tahun 2019 pertama kali secara keseluruhan bersama menggelar ujian nasional berbasis komputer. Sebelumnya pada tahun 2018, hanya sebagian sekolah menggelar UNBK.

“Alhamdullilah kami tahun 2019 akan mengadakan pertama kalinya keseluruhan berbasis komputer. Sebelumnya kalau di sekolah negeri cuma 10 sekolah yang menerapkan UNBK. Tahun ini seluruh sekolah bahkan juga sekolah swasta dan MTs serta MTSN ,” ucap Totok.

Didampingi Sekretaris Pendidikan Kota Banjarmasin Drs H Syarwani, juga Kabid Pendidikan Dasar dan Menangah, Totok bukan perkara mudah untuk menerapkan UNBK serentak. Karena harus berkordinasi maksimal dengan pihak PLN dan provider internet.

Tujuannya agar proses UNBK lancar dan setelah dilakukan koordinasi akhirnya sudah ada titik temu dan semua bersedia mensupprot.“Malah Diknas, sudah meninjau ke beberapa sekolah di pelosok Banjarmasin. Alhamdulillah jaringan 4G di Banjarmasin sudah menyeluruh dan masalah listrik pun sudah kami koordinasikan dengan pihak PLN agar memprioritaskan pelaksanaan UNBK dulu.”

Lebih lanjut Totok menyebutkan SMP negeri yang melaksanakan UNBK Mandiri ada 30 sekolah. Ada 11 SMP swasta yang melaksanakan UNBK mandiri. Sementara 5 SMP negeri dan 17 SMP swasta menggelar UNBK gabungan di sekolah yang didukung fasilitas untuk UNBK.

Adapun persentasi untuk pelaksanaan UNBK tingkat SMP sederajat di Banjarmasin naik bertahap. Pada 2017 dengan hasil yang dicapai 67,34 persen, kemudian 2018 97,68 persen .Nah pada 2019 sudah bisa terlaksana 100 persen.

Selain itu untuk jumlah keseluruhan siswa/i yang ikut dalam UNBK tahun 2019 terdapat 10.182 siswa/i yang terdiri dari 6.910 siswa berasal dari SMP Negeri dan sisanya berasal dari SMP Swasta.

Karena itulah, jauh-jauh hari diumumkan dengan tujuan untuk anak didik mempersiapkan demikian juga orangtuanya.

Khusus untuk mendukung pelaksanaan UNBK berbasis komputer disdik dan sekolah juga menambah pengadaan dengan harapan semua pelaksana kegiatan UNBK berjalan lancar dengan rencana masing-masing ruangan akan dipakai tiga kali ujian. Dengan demikian semuanya akan berbasis komputer dan ke depan tak ada lagi pendistribusian soal tetapi aparat akan menjaga lokasi komputer.(SU)

 186 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: