MULAI SEMARAK Sambut Imlek dengan Atraksi Barongsai di Banjarmasin

Bagikan :
MULAI SEMARAK Sambut Imlek dengan Atraksi Barongsai di Banjarmasin

SuarIndonesia -Mulai semarak jelang perayaan Imlek tahun 2022 dengan shio Macan Air, atraksi Barongsai di Kota Banjarmasin, kembali dilaksanakan, Senin (31/1/2022).

Dimana perayaan Imlek jatuh bulan Februari tepatnya besok Selasa (1/2/2022).

Masyarakat keturunan Tionghoa, yang melekat diperayaan mereka yaitu Barongsai

Barongsai tampil di muka umum pada perayaan tahun baru Imlek dan beberapa orang mengenakan kostum naga menari meliuk-liuk diiringi bunyi-bunyian khas dari gendang/tambur (drum), tong-tong (gong), dan ceng-ceng (simbal).

Seperti terlihat pada pertunjukan atraksi Barongsai di kawasan Jalan Kuripan, Banjarmasin Timur, sebanyak 15 personil dari Persatuan Barongsai El Mondo beraksi berkeliling ke toko-toko sambil memainkan 3 Barongsai.

Aksi mereka ini pun turut pula mengundang perhatian warga sekitar.

Raymond, Ketua Persatuan Barongsai El Mondo, mengatakan, bahwa pertunjukan Barongsai kali ini adalah pertunjukan perdana setelah 2 tahun vakum akibat pandemi covid 19.

“Tahun ini perdana kami turun, setelah dua tahun terakhir belum diizinkan, untuk tahun ini kami diizinkan walikota, karena Banjarmasin sudah level 2, makanya boleh, dengan syarat tetap taat pada prokes,” ujarnya.

Dia menambahkan, bahwa tidak banyak persatuan Barongsai yang tahun ini diizinkan berkeliling dan menunjukkan aksi di depan umum.

“Tahun ini cuma dua persatuan aja, El Mondo dan yang satu lagi Persatuan Borneo Kalimantan, dengan demikian saya pun berharap semoga pandemi segera berlalu sehingga aktivitas persatuan Barongsai ini bisa normal seperti dahulu.

Menyambut Imlek 2022, persatuan Barongsai El Mondo sudah mulai beraksi sejak pukul 10.00 Wita mulai dari Jalan A Yani km 1, Jalan Veteran, hingga Jalan Kuripan.

“Nanti kami juga akan beraksi di kawasan Cempaka, untuk atraksi rencananya akan berakhir antara pukul 20.00-21.00 Wita,” tutupnya. (DO)

 470 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.