DIINGATKAN Kelola Sendiri Sampah Rumah Tangga

DIINGATKAN Kelola Sendiri Sampah Rumah Tangga

SuarIndonesia – Perempuan di Kalsel diingatkan untuk mengelola sendiri sampah rumah tangga, sebab sisa masak memasak jika dikalkulasi jumlahnya juga sangat besar.

“Sampah rumah tangga yang tidak dikelola dengan baik akan menjadi masalah di masa kini dan yang akan datang.

Sebaliknya jika sampah rumah tangga bisa dikelola dengan baik justru akan mendatangkan manfaat dan berkah.

Untuk itu sudah sepatutnya memilah sampah berdasarkan jenisnya ditumbuhkan sebagai kebiasaan yang berawal dari rumah tangga,” kata Wakil Ketua TP PKK Kalsel, Fathul Jannah Muhidin, Jumat (22/4/2022).

Disebutkannya, pengelolaan sampah rumah tangga bisa dimulai dari menyediakan tempat dan peralatan untuk mengumpulkan sampah, menyapu dan mengumpulkan sampah, dan membuang sampah ke tempat yang tersedia di rumah.

“Sampah yang berasal dari kegiatan rumah tangga misalnya memasak.

Volume nya memang terlihat sedikit, namun kegiatan memasak yang rutin dilakukan tentu akan membuat volume sampah menjadi besar apabil diakumulasi.

Karenanya, untuk mengurangi beban pembuangan sampah tersebut alangkah baiknya sampah dari kegiatan memasak tersebut kita manfaatkan menjadi sesuatu yang bernilai lebih. Salah satunya menjadi eco enzyme,” ucap Fathul.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel, sudah berupaya mengampanyekan gerakan memilah sampah dari rumah. Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bahwa rata-rata timbunan sampah di kota besar itu sebanyak 480 ton per hari.

“Penanganan persampahan ini ada dua hal, mengurangi dan menangani sampah. Kami mengampanyekan diet sampah dan memilah sampah agar tertangani dengan baik,” kata Kepala Dinas LH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana.(RW)

 153 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!