CEGAH PMK Diperiksa Kesehatan Ternak Beberapa Lokasi di Kalsel, Ini Hasilnya

Bagikan :
CEGAH PMK Diperiksa Kesehatan Ternak Beberapa Lokasi di Kalsel, Ini Hasilnya

SuarIndonesia -Tim terpadu di Kalsel melaksanakan pengecekan kesehatan ternak pada beberapa lokasi di Banjarmasin, Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar.

Pengecekan kesehatan merupakan pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan.

Tim terpadu yang terdiri Dinas Perkenunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalsel, Balai Veteriner Banjarbaru, Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Banjarmasin,Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, dan Dinas Peternakan dan Perkebunan Kab. Banjar, belum menemukan PMK.

Kepala Disbunnak Kalsel, drh. Suparmi, mengatakan tim terpadu
mulai melakukan pelacakan di rumah potong hewan (RPH) dan tempat-tempat pengumpul ternak sapi, kerbau dan kambing.

Suparmi menjelaskan, pada wilayah Kota Banjarbaru dilakukan pemantauan 3 tempat pengumpul sapi dan 1 tempat pengumpul kambing, sedangkan wilayah Kabupaten Banjar dilakukan pemantauan di RPH Martapura dan 3 tempat pengumpul sapi.

Tim terpadu Kota Banjarmasin juga melakukan pemantauan di RPH Basirih Banjarmasin dan 2 tempat pengumpul sapi dan satu tempat pengumpul kambing.

Tugas tim terpadu melakukan pemeriksaan kesehatan pada hewan ternak dan pengambilan sampel, tracing pemasukan ternak, dan distribusi ternak pada dua bulan terakhir.

“Selain itu juga sosialisasi pada staf RPH dan pemilik tempat pengumpul ternak terkait kewaspadaan PMK,” tambahnya.

Tak itu saja, tim terpadu juga melakukan pengawasan di pintu masuk melalui jalur laut dilakukan terhadap Kapal KM. Dharma Rucitra I yang berasal dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dengan menggunakan mobil layanan karantina.

Hasilnya nihil penyakit ternak yang berasal dari Propinsi Jawa Timur.”Alhamdulilah, sampai hari ini belum kita temukan penyakit mulut dan kuku pada ternak yang ada di banua.

Semoga kewaspadaan kita ini benar-benar membuat hewan ternak di Kalsel bebas penyakit,” harap Suparmi.(RW)

 3,993 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.