AIR KERUH, PDAM Bandarmasih Galakkan Flushing pada 58 Titik

AIR KERUH, PDAM Bandarmasih Galakkan Flushing pada 58 Titik

SuarIndonesia – Menyusul perubahan musim kemarau ke hujan akhirnya membuat jajaran Direksi PDAM Bandarmasih harus bekerja keras. Bahkan pekan ini PDAM menggalakkan pembersihan pipa dari endapan air (flushing) di 58 titik wilayah Banjarmasin Timur, Banjarmasin Selatan dan sebagian Banjarmasin Utara.

Hal ini untuk menekan kekeruhan air PDAM yang diterima warga seperti kopi atau fanta yang dikarenakan endapan lumpur selama kemarau ikut terbawa di musim hujan sehingga banyak pelanggan menerima air seperti kopi .

Keluhan air keruh ini terjadi dalam kurun waktu yang lama. Bahkan ada yang sudah mengalami hingga sepekan lebih yang dampaknya, warga tidak bisa mendapatkan air bersih dan terpaksa membeli air bersih namun dengan harga yang jauh lebih mahal.

Menurut keterangan beberapa warga yang terdampak, air keruh terjadi di wilayah Banjarmasin Timur dan Banjarmasin Selatan. Warna kekeruhannya berbeda-beda ada yang keruh biasa ada juga keruh yang hampir menyamai air kopi.

Belakangan air keruh tersebut banyak diposting oleh sejumlah pelanggan di akun Facebook yang tentunya mendapatkan aneka tanggapan yang bermacam-macam hingga menilai kinerja PDAM menurun.

Menanggapi hal itu, Direktur Operasional PDAM Bandarmasih, H Supian, berdalih bahwa pihaknya saat ini lagi masa perawatan pipa dengan cara memflushing air ledeng.

Itu dilakukan karena, kondisi air baku kemarau lalu kualitas PHnya sempat menurun drastis. Sehingga terpaksa produksi air dikurangi dan saluran jaringan perpipaan juga tidak optimal.

“Dipastikan jika sudah dilakukan Flushing di 58 titik diharapkan air ajab sudah normal, tetapi saat pengoptimalan produksi air ke saluran perpipaan ternyata membawa endapan seperti lumpur, akhirnya yang keluar berupa air keruh,” bebernya.

Supian melanjutkan, saat ini pihaknya secara besar-besaran melakukan flusing perpipaan di wilayah Banjarmasin Timur dan Selatan. Itu bertujuan, membuang habis air keruh tersebut, sehingga dengan dilakukan itu tidak lama lagi kondisi air ledeng akan normal seperti biasanya.

“Kami upayakan dalam minggu-minggu ini juga persoalan air bisa kita kembalikan dalam kondisi yang baik,” demikian Direktur Operasional PDAM Bandarmasih, H Supian.(SU)

 595 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: