WALIKOTA IBNU Shalat Idul Adha di Masjid Arafah

WALIKOTA IBNU Shalat Idul Adha di Masjid Arafah

SuarIndonesia – Umat muslim di seluruh dunia mulai mengumandangkan takbir menyambut Idul Adha 1441 hijriah.
Hari raya Idul Adha diperingati pada 10 Dzulhijjah 1441 H, yang ditetapkan pada hari Jumat, 31 Juli 2020.

Di Kota Banjarmasin, pelaksanaan shalat Idul Adha juga dilakukan masyarakat.

Hanya saja, tidak semua tempat ibadah menggelar pelaksanaan solat tersebut. Hanya tempat ibadah yang masuk kategori percontohan dalam penerapan protokol kesehatan dalam shalat berjamaah, yang menggelar shalat tersebut.

Salah satunya adalah Masjid Arafah. Masjid ini terletak di Komplek Dharma Praja, Banjarmasin Timur.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina ikut solat Idul Adha di masjid tersebut.

Ia berangkat menuju ke masjid tersebut bersama Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah dan keempat putranya, dengan berjalan kaki.

Di Masjid Arafah, selain diwajibkan menggunakan masker dan mencuci tangan, jarak duduk dan shalat para jemaahnya pun juga diatur agar tidak terlalu dekat.

“Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 hijriah kepada seluruh warga Kota Banjarmasin dan seluruh jemaah. Semoga ibadah kita, qurban kita termasuk pengobanan kita dan ujian yang kita hadapi dalam menghadapi Covid-19 ini, merupakan bagian dari kepasrahan kita dan ketaatan kita akan kebesaran Allah SWT,” ujarnya.

H Ibnu Sina juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu berdoa kepada Allah SWT, agar wabah penyebaran virus mematikan itu segera dihilangkan dari muka bumi.

Kepada petugas kesehatan yang telah menyumbangkan tenaga dan jiwanya untuk menghentikan penyebaran virus tersebut, ia mendoakan semoga para petugas garda terdepan itu syahid dan mendapatkan pahala serta surga dari Allah SWT.

Dalam kesempatan itu, pemimpin Kota Banjarmasin ini mengingatkan agar seluruh warga tetap disiplin dan meneggakan aturan protokol kesehatan seperti tetap menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Itu adalah kebiasaan baru kita dalam menghadapi wabah ini, sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad SAW, agar kita senantiasa menjaga kebersihan,” katanya.

Usai melaksanakan shalat, orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini berkumpul bersama keluarganya di rumah dinas walikota Banjarmasin.

Seperti pemberitaan sebelumnya, di Hari Raya Idul Adha 1441 hijriah ini, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina menyumbangkan 3 ekor sapi.

Salah satunya di Masjid Agung Miftahul Ihsan yang berlokasi di kawasan Jalan Pangeran Samudra Banjarmasin.

Sapi berukuran besar berwarna coklat tua itu, dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu d isaat Hari Raya Idul Adha.

Menurut H Ibnu Sina, saat pembagian daging quban nanti, penyerahannya tidak dilakukan per individu, tetapi akan dilakukan secara perkelompok.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi berkumpulnya masyarakat, mengingat saat ini di Kota Banjarmasin masih ada wabah penyebaran Covid-19.

“Imbauan ulun untuk masjid-masjid dan rumah-rumah ibadah lainnya yang ada di kota ini, karena masih dalam suasana Covid-19, maka untuk mengurangi kumpulan. Jadi pengambilan daging qurbannya hendaknya dilakukan perkelompok saja,” ujarnya.

Ia berharap, dengan diterapkannya aturan protokol maka pelaksanaan ibadah qurban di hari raya ini berjalan lancar.

“Aturan protokol kesehatan tetap harus dijaga, gunakan masker, jaga jarak, cuci tangan dan yang paling penting jangan sampai nanti menimbulkan kekacauan dalam pembagiannya,” harapnya.(SU)

 151 total views,  1 views today

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: