RATUSAN Pesepeda Siapkan Diri Bakal Ramaikan Banjarmasin Wali Kota Cup Criterium

SuarIndonesia – Para pencinta balap sepeda khususnya di Kalimantan Selatan (Kalsel) patut mempersiapkan diri. Pasalnya, dalam waktu dekat bakal ada kejuaraan balap sepeda kelas nasional di Kota Banjarmasin.

Kejuaraan Balap Sepeda yang diberi nama “Banjarmasin Wali Kota Cup Criterium” ini masuk dalam rangkaian Hari Jadi (Harjad) Kota Banjarmasin ke-496.

Sekadar diketahui Criterium, adalah salah satu jenis balap sepeda jalan raya yang terdiri dari beberapa putaran dalam sebuah sirkuit jalan raya yang tertutup dari lalu lintas umum.

Ketua Pelaksana Banjarmasin Walikota Cup Criterium, Mahfuzani, mengaku bersyukur bahwa kegiatan balap sepeda dengan level nasional ini mendapatkan restu dari Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Sehingga lomba balap sepeda tersebut menjadi salah satu rangkaian dalam memeriahkan hari jadi Kota Banjarmasin ke-496.

“Alhamdulillah kita dapat suport dari pak Walikota dan dimasukan kedalam rangkaian HUT Kota Banjarmasin, Insya Allah pada bulan September,” ucapnya saat ditemui, Minggu (17/07/2022).

Namun Mahfuzani masih belum bisa menyampaikan tanggal pasti kegiatan lomba balap sepeda yang akan digelar di pusat Kota Banjarmasin ini.

“Untuk tanggal nanti akan kami sampaikan lagi, tapi yang pasti pelaksanaannya di bulan September,” bebernya.

Lantas kawasan jalan mana yang nantinya akan dijadikan venue lomba balap sepeda ini?

RATUSAN Pesepeda Siapkan Diri Bakal Ramaikan Banjarmasin Wali Kota Cup Criterium-2

Terkait hal itu, Mahfuzani menjelaskan, nantinya lomba itu akan digelar di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Jalan AS Musaffa, Jalan Suprapto hingga Jalan Merdeka.

“Insya Allah untuk tracknya nanti di seputaran Masjid Sabilal Muhtadin. Karena ini Criterium, jadi total 1 lap nya itu sekitar 1,3 Km,” terangnya.

Dikarenakan lomba ini merupakan event Nasional, maka ia memastikan para pembalap sepeda Nasional akan turut meramaikan gelaran Banjarmasin Walikota Cup Criterium tersebut.

“Biasanya yang ada atlet Nasional dari Jakarta seperti Sahroni pasti datang. Lalu yang dari Yogyakarta, Mula Cycling kemudian ada juga Nusantara Pro Cycling,” bebernya.

Untuk target peserta, panitia dari Banjarmasin Walikota Cup Criterium menargetkan sebanyak 200 hingga 300 orang dari seluruh Indonesia bakal ikut meramaikan event criterium ini.

“Kita nanti ada beberapa kategori jadi peserta itu kita targetkan 200 hingga 300 orang peserta,” timpal Wakil Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Banjarmasin, Izhar Mutaqqin.

Menurut Izhar, Lomba ini bukan merupakan kali pertama yang digelar oleh pihaknya di Kalsel. Pasalnya sebelumnya mereka sudah pernah menggelar kegiatan ini di Kota Banjarbaru.

“Kita sudah pernah mengadakan, tapi di Banjarbaru. Kali ini kita dapat izin dari pak Wali Kota untuk bisa menggelarnya di Banjarmasin,” ungkapnya.

Sementara itu, Nono dari Patriot Cycling Club, mengaku bahwa lomba ini pastinya sangat ditunggu-tunggu oleh para pecinta balap sepeda. Tidak hanya di Kalsel melainkan di seluruh Indonesia.

“Pastinya ini sangat ditunggu, karena event bergengsi ini selalu digelar setiap tahunnya. Kalau tahun lalu di gelar di daerah Gubernuran, tapi kali ini kita dapat izin di daerah kota,” pungkasnya. (SU)

 108 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!