PEMPROV KALSEL “Pamor” Borneo 2022 di Nagoya Jepang

SuarIndonesia – Pemerintah Kalimantan Selatan melakukan Business Meeting Joint Local Economics and Industry.

Berupa promosi investasi pada hari pertama kegiatan pamor Borneo 2022 di Nagoya Jepang bersama ASEAN Nagoya Club Japan,  akhir pekan tadi.

Delegasi Kalsel dipimpin Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan bersama Plt. Kadis PMPTSP Provinsi Kalimantan Selatan.

Dari pihak ANC Japan hadir Mr. Takashi Ori (President of ANC Japan) memiliki jaringan ke rumah sakit, manufaktur; Mr. Hisaya Matsuhisa (Director of President One), consultan Toyota Japan.

Memiliki jaringan Pengolahan sampah dan smelter; Mr. Hiropisa Tanaka (Director of Denko) Perusahaan IT dan pengembangan wisata.

Pada kekesempatan tersebut dipaparkan posisi strategis Kalsel sebagai Gerbang Maritim Ibukota Nusantara.

Dengan potensi wilayah/kawasan meliputi Metropolitan Banjarbakula, Kawasan Industri Batulicin dan Jorong, KEK Mekarputih dan Pegunungan Meratus sebagai Inspiring Global Geopark Unesco.

Seta kondisi ekonomi makro Kalsel oleh Imam Subarkah Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Selatan.

Dikesempatan tersebut juga, Plt. Kadis PMPTSP Provinsi Kalimantan Selatan , Hanifah Dwi Nirwana, secara detail memaparkan potensi Kalsel dari sektor tambang, kehutanan dan limbah serta kesehatan.

Dijelaskannya, potensi pemanfaatan limbah B3 pelumas bekas dengan volume hampir 198.000 ton/tahun.

Limbah infeksius dan limbah spesifik B3 lainnya, dan kesiapan Rumah Sakit Umum Ulin untuk menerima investasi sebagai Rumah Sakit Pusat Jantung dan Kanker Terpadu serta Rumah Sakit Ansari Saleh sebagai Pusat Infeksi dan Syaraf Terpadu.

Pihak ANC Japan menyambut dengan sangat baik terhadap pemaparan yang telah disampaikan dan menyatakan ketertarikan dan minat.

Selanjutnya informasi yang disampaikan memberikan gambaran penting untuk selanjutnya akan dipelajari dan dilakukan pendalaman potensi investasi dari Kalimantan Selatan.

“Mereka sangat tertarik dengan posisi strategis Kalsel sebagai pintu gerbang Ibu Kota Nusantara, dan segera pasca kedatangan delegasi Kalsel ke Jepang ditindaklanjuti dengan pertemuan-pertemuan selanjutnya di Indonesia,” tutupnya (*/HM)

 493 kali dilihat,  6 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.