PEMBANGUNAN Zaman Gubernur HM Said, Buka Jalan Akses Pelaihari-Batulicin dari Nol

Bagikan :
PEMBANGUNAN Zaman Gubernur HM Said, Buka Jalan Akses Pelaihari-Batulicin dari Nol

SuarIndonesia – Salah satu pembangunan yang ditorehkan Gubernur Kalsel periode 1985-1995, Ir HM. Said, adalah membuka akses penghubung Pelaihari-Batulicin, bahkan hingga perbatasan Tanah Grogot.

Supriyadi, staf Biro Administrasi Pimpinan (dulu bernama Hubungan Masyarakat), yang bertugas sejak Said menjabat Gubernur, menjelaskan pembangunan zaman Said yang sangat diingatnya terkait membuka jalur transfortasi dari Asamasam sampai ke Batulicin hingga perbatasan Grogot, Kaltim.

Pria yang akrab disapa Usuf, ini menyebut ide pembangun tersebut betul-betul digagas pada zaman Gubernur Said.

Jalan yang dibuka dari nol masih kondisi tanah dan sebagian jalan bekas proyek perusahaan. Said kala itu merintis membuka akses jalan menuju Batulicin dari Pelaihari.

“Dulu perjalanan dari Banjarmasin hanya sampai Asamasam, tidak ada lagi jalan terusan. Masyarakat kala itu jika mau ke Pagatan atau Kotabaru harus menggu akan transfortasi laut. Jadi, pak Said benar-benar memulai dari nol jalan masih dalam bentuk tanah,” katanya.

Ditambahkannya, rancangan pembangunan jalan tembus Batulicin-Kandangan termasuk ide Said, namun karena masa jabatan habis pelaksanaan tertunda dan dilanjutkan gubernur setelahnya.

Hal itu juga yang terjadi pada Jalan Gubernur Subarjo, Said yang merancang namun direalisasikan Gubernur Hasan Aman.

“Banyak sebenarnya pembangunan yang ditorehkan beliau. Termasuk memperkenalkan kawasan wisata daerah loksado, ide membuka pertama sampai ada penginapan milik Pemda,” pungkasnya.(RW)

 209 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.