MUATAN KARGO Bernilai Miliaran Rupiah Dibawa Kabur Seorang Sopir asal Tanbu

SuarIndonesia – Muatan kargo bernilai miliaran rupiah di Karawang, Jawa Barat, dibawa kabur oleh oknum sopir asal Tanah Bumbu (Tanbu), Kalsel berinisial AFA dan akhirnya diciduk Polisi.

AFA diamankan tim gabungan dari Unit Resmob dan Unit Ekonomi Polrestabes Semarang yang dibantu Unit Resmob Polres Tanah Bumbu dan Resmob Polda Kalsel, Sabtu (11/6/2022).

AFA digiring Polisi dari rumahnya di Desa Gunung Besar, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu.

“Diamankan dugaan tindak pidana penggelapan sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 372 KUHP,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalsel, Kombes Pol Hendri Budiman melalui Kasubdit III Jatanras, AKBP Andy Rahmansyah, Minggu (12/6/2022).

Dari tangan tersangka, Polisi menyita barang bukti berupa satu unit ponsel, SIM BII Umum dan kartu sepucuk ATM.

Dijelaskan AKBP Andy, AFA menjadi buruan Polisi karena diduga melarikan kargo berupa 505 rol kain bahan baku tekstil jenis Yarn-Dyed Super yang dipesan oleh korban yakni seorang pengusaha di Jakarta, Rudi Suharsono kepada CV Tiga Serampai Jaya di Semarang, Jawa Tengah.

Pengiriman barang pesanan tersebut ke Jakarta dilakukan pada Selasa (12/4/2022) dan dijadwalkan tiba sehari setelahnya.

Oleh CV Tiga Serampai Jaya, pengiriman dilakukan melalui jasa salah satu perusahaan ekspedisi menggunakan armada truk bernomor Polisi B 9887 EUW.

Saat itu, sopir yang ditugaskan melaksanakan pengiriman oleh perusahaan ekspedisi adalah AFA yang berangkat dari Semarang sekitar pukul 15.30 Wib, Selasa (12/4/2022).

Namun hingga Rabu (13/4/2022) truk pembawa kargo pesanan itu belum juga tiba di alamat tujuan.

Setelah dilakukan konfirmasi kepada perusahaan ekspedisi, diketahui truk kargo tersebut ditemukan di kawasan Karawang, Jawa Barat dengan kondisi muatan senilai Rp 1,1 miliar telah raib.

Setelah itu, pelapor langsung membuat laporan Polisi dan ditindaklanjuti penyelidikan dan penyidikan Kepolisian.

Dengan koordinasi intensif, Polisi akhirnya berhasil melacak keberadaan AFA yang telah melarikan diri ke Tanbu, Kalsel dan melakukan penangkapan.

Sebelumnya, Polisi juga telah mengamankan barang bukti berupa invoice pemesanan kain, tanda terima barang dari perusahaan ekspedisi dan armada truk yang digunakan untuk melakukan pengiriman tersebut. (ZI)

 

 219 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!